Keren! Pos Kamling Kampung Depok Desa Sukasari Wakili Kecamatan Sukasari Ikuti Lomba HUT Satpol PP Ke-73


Purwakarta
- Dalam rangka HUT Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) ke-73 dan Satlinmas ke-61, Pos Kamling Kampung Depok RW. 005 Desa Sukasari menjadi salah satu perwakilan Kecamatan Sukasari untuk ikut serta dalam lomba Pos Kamling Terbaik, Unik, dan Kompak tingkat Kabupaten Purwakarta. 

Itu dikarenakan pos kamling tersebut dianggap terlengkap dari segi kebutuhan peralatan pendukung dan kekompkan di setiap malamnya.

Hal tersebut diungkapkan Dedi Iskandar selaku Ketua RT 009 yang juga sekaligus Ketua Pos Kamling Kampung Depok 
Desa Sukasari dalam keterangannya, pada Kamis (16/02/2023).

"Dengan adanya perlombaan ini mudah-mudahan warga Kampung Depok ini semakin kompak dalam tugas rondanya, salah satunya yaitu untuk menegakan Keamanan di Desa Sukasari ini, khususnya di kampung Depok RW.005," ungkap Dedi.

Sementara itu, Camat Sukasari Bayu Permadi S.Sos, M.Si mengatakan pos kamling yang dinilai mana saja yang sistem keamanan lingkungannya paling komprehensif, paling baik sesuai dengan indikator-indikator pencegahan gangguan keamanan juga sesuai dengan adat budaya lingkungan masing-masing.

"Dengan ikut serta dalam lomba mewakili Kecamatan Sukasari, kita harapkan warga masyarakat juga semakin giat dalam menjaga keamanan lingkungannya.

Selain itu, Camat juga mengapresiasi lahirnya kepedulian masyarakat terhadap keamanan lingkungan. Hal itu dibuktikan dengan pelaksanaan pembuatan pos kamling.

"Saya mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi sangat baik untuk Kepala Desa dan warga Kampung Depok Desa Sukasari yang sudah ikut berpartisipasi membangun pos kamling," katanya.

"Mudah-mudahan dalam ke ikutsertaan dalam lomba tersebut bukan hanya untuk mencari juara, akan tetapi dari pasca lomba tesebut bisa dipergunakan dan bisa bermanfaat bagi masyarakat. 

Tentunya, kata Camat untuk menjaga lingkungan dan warga lebih mencintai pos kamling serta untuk menjalin tali silaturahmi warga.

"Pos kamling selain sebagai tempat penjagaan keamanan lingkungan, juga tempat sambung rasa dan bersosialisasi antara masyarakat satu dengan masyarakat lainnya," ungkap Camat.

Senada dengan Camat Sukasari, Kepala Desa Sukasari Cece Saripudin berharap
 dengan adanya lomba pos kamling tingkat Kabupaten ini jadi motivasi kepada warga masyarakat Kampung Depok, khususnya warga masyarakat Desa Sukasari.

Cece mengatakan, agar warga untuk lebih giat lagi dalam melaksankan keamanan lingkngan dan selalu siaga dalam menghadapi kejadian-kejadian yang tidak diharapkan di Desa Sukasari ini.

"Saya berpesan kepada masyarakat Desa Sukasari agar lebih ditingkatkan lagi konsistensinya dalam jadwal rondanya demi keamanan lingkungan kita semua," pesan Kades Sukasari.
 

Semenatara, Ketua tim Penilai, Sekdis Satpol PP Kabupaten Purwakarta, Ade Amin, SE.MM memberikan apresiasi yang sangan baik dalam kegiatan ini, karena bisa dihadiri oleh langsung oleh Muspika Kecamatan Sukasari.

"Diharapkan bahwa dengan adanya pos kamling ini bisa bermanfaat untuk menciptakan pos keamanan dan untuk menjaga keamanan Lingkungan yang ada di Desa Sukasari, Umum nya warga yang ada di Kecamatan Sukasari. Imbuhnya

Selain Camat Sukasari, tampak hadir dalam giat tersebut, Kapolsek, Danpos yang diwakili oleh babinsanya, perangkat Kecamatan Suksari, perangkat desa dan tokoh masyarakat.

Media KIM Kabupaten Purwakarta
Reporter: Zaki (KIM Kecamatan Sukasari)
Editor: Abdar