Genjot Pembangunan dan Percepat Akses, Kades Ciherang Buka Jalan Baru Tuk Warga


Purwakarta
- Langkah dilakukan Pemerintah Desa (Pemdes) Ciherang Kecamatan Pasawahan Kabupaten Purwakarta patut ditiru. Pasalnya Kades Ciherang bersama Dusun, warga setempat, Karang Taruna, RT/RW melakukan pembukaan jalan baru untuk umum yang berlokasi di Ciherang Tonggoh sampai dengan Ciherang Lebak, Minggu (7/11/21).

"Jalan ini nantinya jadi akses jalan warga juga untuk anak sekolah agar tidak terlalu memutar. Sedangkan untuk panjang jalan tersebut mencapai 300 meter dan lebar 1 meter setengah," ujar Kepala Desa H Nandang saat ditemui oleh reporter Media KIM Kabupaten Purwakarta dilokasi kegiatan, Minggu (7/11/21).

Kades juga menjelaskan kepada masyarakat Ciherang nantinya jalan yang baru dibuka ini agar setiap hari Jumat dilakukan kerja bakti ,kedepannya kalau Corona sudah tidak ada maka akan dibangun beton.

"Kedepannya jalan ini bisa masuk mobil dan saat membawa barang-barang seperti pasir tidak harus dipikul atau menggunakan roda lagi dan warga pun saat panen bisa menggunakan jalan ini" ucap Kades Nandang.

Hal senada yang diutarakan Kepala Dusun 1 Ciherang Padil menyampaikan, untuk akses jalan yang baru dibuka ini nantinya jadi akses masyarakat Desa Ciherang.

"Akses jalan warga akan menjadi lebih dekat. Selain menggunakan jalan desa, warga juga bisa menggunakan jalan ini," kata Padil.

Untuk saat ini dikerjakan jalan lebar 1 meter, lanjut Padil, kami pun berupaya kedapan bersama-sama Pemerintahan Desa, akan memperlebar sampai 2 meter biar akses mobil pun bisa masuk.

"Dengan dibukanya jalan ini bisa meningkatkan perekonomian masyarakat, mempercepat akses jalan lebih cepat, dan nilai jual tanah pun akan naik dengan sendirinya," tutur Padil.

Sementara menurut Tokoh masyarakat Kosim, program ini adalah nadar Kades saat mencalonkan kepala desa 2021, apabila nantinya terpilih ingin membuka jalan untuk warga Ciherang biar tidak terlalu mutar lebih gampang ketempat sekolah maupun aktifitas kesawah.

"Karena ini swadaya tenaganya kerja bakti, mudah-mudahan kedepannya bisa dibangun menggunakan dana desa untuk diperlebar. Terutama warga untuk semangatnya kerja bakti dan pemeliharannya, karena saat ini sudah di contohin oleh kepala desa," ucap Kosim.

Media KIM Kabupaten Purwakarta
Reporter: Abun (KIM Pasawahn Hebat)