Cafe Balad Madaba Diresmikan Bupati Purwakarta


Purwakarta
- Cafe Balad Madaba milik tokoh masyarakat Purwakarta yang berada di jalan alternatif BIC- Cisalak Desa Dangdeur, Kecamatan Bungursari, diresmikan oleh Bupati Purwakarta Hj Anne Ratna Mustika.

Dalam peresmian itu turut serta dalam rombongan diantaranya Kapolres AKBP Suhardi Hery, Dandim 0619/PWK Letkol Arm Krisrantau Hermawan, OPD, Muspika Bungursari dan para Kades di Kecamatan Bungursari.

Acara tersebut dimeriahkan pula oleh YouTubers lokal asal Subang, Ceu Piah dan hiburan kawih tembang Sunda Cianjuran.

Dalam sambutannya Bupati Purwakarta menyebutkan bahwa dengan adanya cafe ini menambah khasanah kenikmatan tersendiri.

"Cafe Balad Madaba ini yang terbaik dan ini merupakan salah satu tempat yang terbaik pula," sebut Ambu Anne sapaan akrabnya Bupati Purwakarta, pada saat peresmian Cafe Balad Madaba.

Lebih lanjut menurut Bupati Cantik ini, pihak pemerintah daerah akan memberikan pelatihan kepada para santri.

"Kita akan memfasilitasi pelatihan untuk para santri, sesuai dengan kondisi di cafe ini, seperti pelatihan membuat bakery dan sebagainya," papar Bupati

Sementara itu menurut IPDA Budiman pemilik cafe menyebutkan bahwa awal mulanya dirinya menyiapkan kopi bubuk dan di jual ke berbagai pelosok negeri, bahkan hingga sampai ke luar negeri.

"Awalnya kita hanya menjual kopi bubuknya saja dan ternyata laku keras, sehingga saya berinisiatif membahas ini ke para ustadz dan ustadzah, apabila kita jual kopi yang sudah di seduh dan di sediakan tempat yang nyaman, pasti akan ada peluang," ujar Abah Budiman sapaan akrabnya yang saat ini menjabat Kapolsek Bojong.

Ia menegaskan, intinya para santri disini ketika mereka dipulangkan ke rumahnya tentunya belum siap berwirausaha.

"Kami kembali melatih mereka agar bisa menjadi wirausahawan muda," papar Abah Budiman, usai peresmian cafe Balad Madaba. 

Media KIM Kabupaten Purwakarta
Reporter : Yusup Bachtiar