-->

Ini Cara Isolasi Diri dan Langkah yang Harus Dilakukan

Edukasi | KIMPurwakarta.web.id - Saat ini belum ada cara terampuh untuk mengalahkan pandemi COVID-19. Namun, ada berbagai cara yang bisa kita lakukan untuk meredam meluasnya sebaran virus corona penyebab COVID-19. 

Yaitu salah satunya, dengan cara tetap berada di rumah atau mengisolasi diri ketika sakit. Apalagi bila sakitnya menuju pada gejala-gejala COVID-19.

Perlu diingat, hal ini merupakan bagian dari upaya untuk mencegah penyebaran virus corona. Sadarilah tindakan ini bukan hanya menyoal kesehatan pribadi kita saja, tetapi juga orang banyak. Kita perlu menjaga diri dan orang-orang di sekitar. Lebay? Berlebihan? Lebih dari itu.

Namun masih banyak yang belum kita tahu mengenai virus corona. Satu hal yang pasti, virus ini sangat mudah menyebar dari satu orang ke orang lain. Enggak percaya?

Sejak muncul pada akhir Desember 2019 di Wuhan, Tiongkok, virus ini sudah menyebar ke sekitar 150 negara di berbagai benua. Sudah kebayangkan betapa super cepatnya virus ini menular? 

Lalu, apa yang harus kita lakukan ketika sakit (terkait gejala virus corona) di rumah? Jangan panik, ada beberapa langkah yang harus dilakukan menurut Satgas Covid-19.

Diingatkan kembali, menurut sumber dari situs Covid.go.id, Isolasi diri dilakukan untuk memantau kondisi kesehatan diri dan menghindari penularan pada orang-orang sekitar termasuk keluarga.

Mereka yang melakukan isolasi diri perlu melaporkan kondisi kesehatannya kepada fasilitasi layanan terdekat. Berikut ulasannya. 

Yang dilakukan saat isolasi diri:
  1. Tinggal di rumah dan tidak boleh berinteraksi dengan masyarakat.
  2. Menggunakan kamar terpisah dari anggota keluarga lain.
  3. Jaga jarak lebih dari 1 meter dari anggota keluarga lainnya.
  4. Menggunakan masker selama isolasi diri.
  5. Ukur suhu tubuh setiap hari dan amati gejala yang dialami.
  6. Hindari pemakaian bersama peralatan makan, peralatan mandi dan linen/sprei.
  7. Sering cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir.
  8. Berada di ruang terbuka dan berjemur di bawah sinar matahari setiap pagi.
  9. Bersihkan permukaan benda-benda yang sering disentuh dengan cairan disinfektan.
  10. Segera hubungi fasilitasi layanan kesehatan jika kondisi memburuk.

Nah buat sahabat Kimer's, jangan lupa penyebaran virus bisa kita cegah yaitu dengan selalu menjalankan protokol kesehatan 3M (memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan) serta kita juga harus sosialisakan kepada kerabat, teman, tetangga kita dan orang lain yang belum mengetahuinya.

#CegahCovid19 #BersamaLawanCovid19 #satgasCovid19 #MemakaiMasker #MenjagaJarak #MencuciTangan

Tags :

Created by: Admin

Kelompok Informasi Masyarakat Kabupaten Purwakarta - Ajaib (Akurat, Jaringan, Aktual, Informasi dan Berita)