-->
  • Jelajahi

    Copyright © KIM Purwakarta
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Inilah Cara Menjaga Kesehatan Saat Lebaran

    Admin
    Senin, Mei 25, 2020, 15.55 WIB Last Updated 2020-05-25T09:06:41Z

    KIMPurwakarta.web.id - Setelah menjalankan kewajiban berpuasa di bulan Ramadhan sebulan penuh, tibalah saatnya kita bertemu dengan hari Raya Idul Fitri atau disebut hari kemenangan atau lebaran. 

    Memang lebaran menjadi saat yang paling ditunggu semua umat muslim di dunia. Meski suasana lebaran saat ini sedikit berbeda dengan adanya suasana pandemi corona.

    Namun di setiap momen lebaran, pastinya kita yang di zona hijau akan disibukkan dengan banyak sekali aktifitas seperti bersilaturahmi bersama keluarga, tetangga, mengunjungi sanak saudara yang jauh, juga rekan-rekan kerja di kantor. 


    Walaupun ada di sebagian wilayah zona merah, mereka melakukan silaturahmi dengan daring.

    Namun secara tradisi, pada saat lebaran baik di rumah maupun tempat kita berkunjung pasti disuguhkan bermacam kue-kue khas lebaran dan berbagai hidangan yang kebanyakan terbuat dari daging, bersantan, berlemak, ataupun pedas. 

    Karena sebulan sebelumnya makan dan minum kita terbatas hanya pada saat buka dan sahur, maka tak jarang perubahan pola makan secara drastis ini dapat mengganggu kesehatan tubuh, karena saat lebaran orang-orang cenderung tidak bisa mengontrol porsi makan, bahkan ingin melahap semua makanan yang ada. 

    Itulah sebabnya cara menjaga kesehatan saat lebaran atau saat libur lebaran masa pandemi corona penting diketahui. Berikut ini adalah beberapa tipsnya, yang kimpurwakarta.web.id rangkum dari beberapa sumber.

    1. Rajin Mencuci Tangan

    Dengan rajin mencuci tangan adalah suatu keharusan pada saat lebaran kita bersalam-salaman atau mencium tangan orang lain sebagai ungkapan saling memaafkan. Tidak jarang dari sentuhan itu kuman, virus, dan bakteri dapat berpindah dan menyerang dari satu tangan ke tangan lainnya terutama viru Corona (Covid-19). 


    Dengan begitu kita terhindar dari ancaman penyakit yang mungkin timbul, kita harus selalu menjaga kebersihan dengan mencuci tangan setiap kali akan menyantap makanan.

    2. Makan Dengan Porsi Yang Cukup

    Saat momen lebaran banyaknya makanan saat bisa membuat kita kalap dan tidak memperhatikan porsi makan. Apa saja yang ada ingin kita makan seperti ingin balas dendam setelah sebelumnya puasa. 


    Namun hal ini tidak boleh dilakukan karena akibat dari makan kekenyangan adalah rasa tidak nyaman, perut begah dan bisa memicu kenaikan berat badan secara cepat. Terlebih makanan-makanan yang disantap mengandung banyak lemak dan tak sehat.

    3. Tetap Konsumsi Buah dan Sayur

    Dengan mengkonsumsi buah dan sayur dapat mengimbangi asupan makanan berlemak pada saat lebaran. 


    Diketahui buah dan sayur efektif untuk menetralisir kelebihan gula dan lemak jahat yang masuk dalam tubuh sehingga melancarkan sistem pencernaan.

    4. Minum Air Putih

    Banyaknya aneka sirup berbagai rasa tersedia saat lebaran. Namun sebaiknya, pilih air putih untuk mengobati rasa haus Anda. Itu karena air putih lebih sehat dan memiliki fungsi lebih baik dibanding minuman lainnya seperti sirup atau softdrink. 


    Perlu diingat, air putih sangat penting sebagai sumber cairan tubuh untuk menjalani aktifitas sibuk Anda selama lebaran.

    5. Waspadai Makanan Lebaran

    Pada umumnya kue-kue lebaran dan makanan yang disajikan terbuat dari bahan-bahan yang bisa memicu gangguan kesehatan, bisa menaikkan berat badan dengan cepat.


    Bahkan beberapa diantaranya merupakan pantangan dari beberapa jenis penyakit semisal diabetes, asam urat, hipertensi, dan kolesterol tinggi. Karena itu waspadailah setiap makanan yang hendak dikonsumsi saat lebaran.

    6. Istirahat Cukup

    Dengan seharian beraktifitas dan bersilaturahmi pasti membuat tubuh lelah dan perlu istirahat untuk memulihkan tenaga. Karena itu tidur lebih cepat itu penting, meski terkadang acara silaturahmi ada yang berlangsung hingga malam. 


    Namun sempatkanlah waktu untuk diri kita mengistirahatkan tubuh agar kondisinya tidak drop dan jatuh sakit.

    Kebahagiaan lebaran tidak akan sempurna apabila kita ataupun orang-orang tercinta di dekat kita jatuh sakit, tips cara menjaga kesehatan saat lebaran diatas bisa diterapkan untuk mengantisipasi hal tersebut. 





    Segenap jajaran Media Kimpurwakarta.web.id mengucapkan;
    "Selamat hari raya Idul Fitri, Mohon maaf lahir dan bathin"


    Penulis: Abdar (KIM Kabupaten Purwakarta)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini