-->

Sosialisasi Gerakan Masyarakat Untuk Citarum Harum, Kecamatan Babakancikao

Sosialisasi Gerakan Masyarakat untuk Citarum Harum di Kecamatan Babakancikao-Purwakarta
Babakancikao - Terkait Program Pemerintah mengenai Citarum Harum, yaitu sebuah program optimis pemerintah sebagai langkah untuk mengoptimalisasikan dalam upaya memulihkan kejayaan sungai Citarum. 

Program ini bertujuan untuk memperbaiki kwalitas sungai Citarum, mengatasi persoalan lingkungan di Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum, dan menyediakan pasokan air baku berkualitas yang harapannya air sungai Citarum ini dapat diminum dikomsumsi, serta sebagai upaya pengendalian banjir.

Dan sebagai salah satu wilayah kecamatan yang ada di Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum, kecamatan Babakancikao kabupaten Purwakarta pun gelar kegiatan Sosialisasi Gerakan Masyarakat Untuk Citarum Harum.


Kegiatan ini diadakan di Aula kecamatan Babakancikao yang di prakarsai oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Purwakarta dan Dansektor 15 Satgas Citarum Harum, yang dihadiri pula oleh para perangkat Desa, BPD (Bamusdes) dan ketua RT/RW Se-Kecamatan Babakancikao, Senin (21/10/19).

H.Iwan selaku Kabid yang mewakili Dinas Lingkungan Hidup kabupaten Purwakarta menenindak lanjuti instruksi pimpinan, dari Presiden, melalui Kemenko Bidang Kemaritiman, Gubernur Jawa Barat, dan Bupati Purwakarta,


" Saat ini Purwakarta sedang sangat konsen-konsennya pada kegiatan Citarum Harum, sungai sepanjang 297 km dan terpanjang Jawa Barat ini, yang melintas kabupaten Purwakarta dari Saguling (Bandung) sampai Curug (Karawang) sepanjang 45 km,". ujar H.Iwan

Ia menjelaskan, tujuan diadakannya kegiatan Sosialisasi Gerakan Masyarakat Untuk Citarum Harum ini yaitu sebagai upaya untuk mengenalkan, dan memberikan kesadaran kepada masyarakat mengenai program Citarum Harum ini, sekaligus untuk meminimalisir sampah Citarum. 

 
Satgas Citarum Harum sektor 12, Kabid DLH Kabupaten Purwakarta, dan Sekcam Babakancikao

" Dengan mulainya dari dirinya sendiri, dan dirumah tangganya masing-masing dengan cara memilah sampah organik dan non organik rumah tangganya, untuk dijadikan barang yang mempunyai nilai jual, serta membangun kultur masyarakat yang peduli sadar lingkungan," lanjut H.Iwan.

Di kesempatan yang sama, Serma Jujun Karnaen selaku Satgas Citarum Harum Sektor 15 menjelaskan, dalam upaya pemulihan, perbaikan dan penyelamatan lingkungan bantaran DAS Citarum ini, pemprov Jabar, dan sebagai Ketua harianya itu Kodam III Siliwangi.


" Untuk program ini dibagi tiga tahap yaitu hulu, tengah, dan hilir, yang terdiri dari 22 Sektor satgas Citarum Harum untuk menjaganya dari pencemaran limbah industri dan sampah domestik sebagai upaya untuk memastikan program ini betul-betul berjalan,"  jelas Serma Jujun

Ia mengharapkan, untuk pabrik-pabrik itu menerapkan proses IPAL (Instalasi Pengolahan Air Limbah) sesuai aturannya. Limbah harus diolah terlebih dahulu dalam IPAL agar mengalami proses fisik, kimia, dan biologi sebelum dibuang ke lingkungan atau aliran sungai.

Turut hadir Sekcam Babakancikao, H.M.Cucu Diana yang mewakili camat Babakancikao H.Dede Sanusi,SH mengatakan

"Saya mewakili kecamatan Babakancikao sangat mendukung sekali mengenai program ini dan menghimbau serta mengajak kepada seluruh warga masyarakat Babakancikao untuk bisa bersama-sama membantunya dalam menyukseskan serta menjaga program yang harus kita tuntaskan bersama-sama ini," 
harap Sekcam

Dirinya pun berharap kepada peserta yang hadir sekarang ini, untuk bisa mempraktekan, dan menjalankanya ditempatnya masing-masing. Selain itu program ini para peserta untuk bisa menyampaikan, mensosialisasikannya kembali kepada warga masyarakatnya di desanya masing-masing.


(Ali)
Kim Kec.Babakancikao

Tags :

Created by: Admin

Kelompok Informasi Masyarakat Kabupaten Purwakarta - Ajaib (Akurat, Jaringan, Aktual, Informasi dan Berita)