-->

Siswa SMAN 3 & SMK Purnawarman Purwakarta Menjadi Konselor Kesehatan Remaja

Remaja siswa SMAN 3 & SMK Purnawarman Purwakarta menjadi Konselor Kesehatan "Inovasi Remaja"
Purwakarta - Puskesmas Koncara mengajak remaja siswa SMAN 3 & SMK Purnawarman Purwakarta menjadi Konselor Kesehatan "Inovasi Remaja" di aula Puskesmas Melalui Program Anak Usia Sekolah dan Remaja (AUSREM).

Berdasarkan Permernkes No. 25 / 2014 Tentang Upaya kesehatan Anak, Dinas Kesehatan Purwakarta menurunkan program itu kepada Puskesmas Koncara sebagai pelaksana dan berdasarkan Ketentuan WHO perihal Batasan Usia Remaja 10 - 18 Th.

Dengan gerakan inspiratif kegiatan Inovasi Remaja ini diharapkan siswa bisa menularkan wawasan setelah mendapatkan pembinaan dari Pihak Puskesmas Koncara yang.

"Jadi tujuan dari program Inovasi Remaja ini diharapkan Siswa bisa menjadi konselor kesehatan untuk temannya atau untuk saudara dan keluarga ketika di lingkungan masyarakat,"Terang Lia Maria Ihsana, AMd.Kep Selaku Pelaksana Program. Purwakarta, Jumat(4/10/19).

Adapun konsepsi Program yang menjadi target Inovasi Remaja di wilayah kerja Puskesmas Koncara :
1. Menbidik Anak Usia Sekolah & Remaja.
2. Pembentukan Kader Kesehatan Remaja (KKR) tingkat SLTA.
3. Pembinaan & Pemberian wawasan Agar bisa menjadi Konselor Kesehatan.
4. Upaya pemberdayaan KKR bermuara menjadi Wadah Komunikasi Antar KKR.

Lia Juga Menambahkan Fokus pembahasan yang di tekankan kepada siswa, tentang penyakit dari kebiasaan buruk usia remaja di acara itu.

"Siswa juga diberikan masalah - masalah kesehatan yang timbul di usia remaja dan bimbingan konseling tentang edukasi HIV, Bahaya Narkoba, Reproduksi & larangan Sex bebas menurut norma sosial dan religi," Pungkasnya.


Wief
KIM Kota Purwakarta

Tags :

Created by: Admin

Kelompok Informasi Masyarakat Kabupaten Purwakarta - Ajaib (Akurat, Jaringan, Aktual, Informasi dan Berita)