Lantik DPC Gema Sunda Plered, Jaga Warisan Leluhur Budaya Sunda

Pelantikan Gema Sunda Plered
Plered – Ketua harian DPD Gema Sunda Purwakarta, Dasep Saepul Akbar, melantik pengurus Gema Sunda Plered yang bertempat di Gedung Aula Desa Plered, Minggu (29/09/2019).

Dalam acara ini dihadiri oleh elemen masyarakat dan anggota DPRD Kabupaten Purwakarta, Ceceng Abdul Qodir, dan Kabid Kepemudaan Disporaparbud Kabupaten Purwakarta, Ahmad Arif Imanulhaq serta Camat Plered Asep Sendjaja,S.IP

Camat Plered, Asep Sendjaja,S.IP mengungkapkan dalam sambutannya bahwa, budaya sunda memang sudah memiliki nilai adi luhung dengan baik. Sebaiknya agar tetap terjaga yang seharusnya tiap individu sadar akan norma kehidupan,termasuk nila-nilai budaya yang sangat perlu untuk terus di pupuk sejak dini.
 
Camat Plered lantik anggota Gema Sunda Plered
“Salah satu budaya warisan leluhur kita yaitu pencak silat. Kedepannya kita harus bisa bersinergi untuk memajukan pencak silat, yaitu di daerah sini ada budaya ibing pencak silat. Ibing pencak silat plrededan hampir tergerus jaman, kedepannya kita akan mengadakan kegiatan Ibing Pencak Silat Pleredan sebagai langkah untuk melestarikan budaya lokal. Saat ini sudah mulai dirangkai kembali jurus-jurus pencak silat, berupa ibing pencak silat pleredan,” Ujar Asep Sendjaja,S.IP, Camat Plered.

Masih ditempat yang sama, menurut anggota dewan Ceceng Abdul Qodir, yang juga hadir di lokasi, sangat mendukung dengan adanya pelantikan pengurus gema sunda kecamatan plered.

“Gema Sunda kalau saya lihat bergeraknya bukan hanya di bidang budaya, tetapi juga bergerak dibidang sosial, pemberdayaan ekonomi kemasyarakatan dan yang paling utama saya lihat keagaaman juga selalu beriringan dalam setiap kegiatan,” kata Ceceng, yang merupakan salah satu anggota dewan termuda di kabupaten purwakarta.

Sementara untuk kegiatan sendiri, setelah pelantikan para pengurus DPC Gema Sunda, seluruh pengurus dan anggota gema sunda setempat yang berjumlah puluhan orang menandtangani fakta intregritas bebas dari Narkoba. 



(DK)
KIM Kab. Purwakarta