-->

GERAKAN KEBAIKAN BAGI WARGA PURWAKARTA


Jatiluhur - Melalui program Kredit Usaha Rakyat Penggemukan Domba ekor tipis, program yang digagas dan disponsori oleh Rumah Jokowi yang bekerja sama dengan PT. INKOPMAR CAHAYA BUANA ini menawarkan peningkatan pendapatan bagi warga Purwakarta sebagai bentuk kepedulian dan salah satu bentuk nyata Gerakan Kebaikan Komunitas Relawan Rumah Jokowi yang peduli terhadap upaya perbaikan ekonomi di masyarakat.
 


Bertempat di Aula Desa Cilegong Kecamatan Jatiluhur, pada Kamis 18 Juli 2019, dilaksanakan acara Bimbingan teknis dan Sosialisasi bertajuk Gerakan Kebaikan 5.0 Program Kredit Usaha Rakyat (KUR) Penggemukan Domba Ekor Tipis. Acara tersebut adakan oleh pengurus Rumah Jokowi dengan mengundang para peternak maupun warga lainnya yang berminat untuk ikut dalam program tersebut. 


Turut hadir dalam acara tersebut Ketua dan pengurus PAC Jatiluhur, DPC Purwakarta, Sekjend Bagas Pujo Dewadi dan DPC DPD Jawa Barat dari Rumah Jokowi, Camat Jatiluhur yang diwakili oleh Kasie Ekbang dan Kepala Desa. Acara ini sebagai acara pertemuan antara Rumah Jokowi, PT. INKOPMAR CAHAYA BUANA dengan para warga di Kecamatan Jatiluhur, dimana Kecamatan Jatiluhur dijadikan sebagai titik awal perguliran program.

Sebagaimana yang disampaikan oleh Ketua DPC Purwakarta Rumah Jokowi, Ibu Prita, bahwa Program Penggemukkan Domba untuk di Kecamatan Jatiluhur sebagai tahap awal dan apabila berjalan baik akan lanjutkan ke seluruh kecamatan yang ada di Purwakarta. 



Disampaikan pula, bahwa target dari untuk Kabupaten Purwakarta untuk 5000 orang atau 500 kelompok. Program tersebut berupa pemberian Kredit Usaha Rakyat senilai 25 Juta namun tidak berbentuk uang tetapi pemberian 20 ekor domba dewasa berjenis ekor tipis dengan bobot 15-20 kg kepada tiap orang anggota yang tergabung dalam kelompok peternak. Tiap kelompok peternak berisi 10 orang anggota. Selain diberikan berupa domba sebanyak jumlah 20 ekor (17 jantan dan 3 ekor betina), diberikan pula pakan selama masa penggemukan yaitu selama 40 hari atau sampai tiba masa penjualan dari domba tersebut. 

Apa yang didapatkan para peternak adalah kelebihan dari bobot awal dari domba yang 17 ekor atau yang pejantan setelah pemeliharaan selama 40 hari, sementara yang 3 ekor lainnya yang betina sepenuhnya menjadi milik peternak. Penjualannya pun peternak tidak perlu susah karena akan langsung di beli oleh PT. INKOPMAR CAHAYA BUANA, yang nantinya domba tersebut untuk kebutuhan komoditas eksport. Demikian penjelasan ibu Prita selaku Ketua DPC Purwakarta Rumah Jokowi. 


Iman
(KIM Jatiluhur).

Tags :

Created by: Admin

Kelompok Informasi Masyarakat Kabupaten Purwakarta - Ajaib (Akurat, Jaringan, Aktual, Informasi dan Berita)