-->

Turunkan Tim Sidak Pasar, Disnakan Awasi Kualitas Daging


Purwakarta - Pengawasan kualitas makanan daging dan ikan baik di pasar tradisional maupun supermarket, termasuk gudang penyimpanan serta tempat pemotongan hewan terus dipantau oleh tim sidak Dinas Peternakan & Perikanan (Disnakan) Kab. Purwakarta.

Terlebih menjelang Lebaran Kepala Dinas Disnakan Kab. Purwakarta, Sri Waryasturati mengatakan kegiatan ini untuk memberi rasa aman dan nyaman kepada masyarakat mengkonsumsi daging.
 


"Pengamanan peredaran produk asal hewan dan ikan yang aman sehat utuh dan halal dalam rangka jaminan keamanan pangan jelang hari raya idul fitri 1440 H," terang dia ketika melakukan sidak di Pasar Simpang Purwakarta, Jumat (31/5/2019).

Sri juga menambahkan ini langkah mengantisipasi dan waspada terhadap kondisi daging kurang layak konsumsi, antraks, gelonggongan ataupun daging yang dicampur dengan daging celeng.

Selain melakukan sidak, pihaknya juga terus melakukan pemeriksan kesehatan hewan yang datang dari luar wilayah purwakarta, termasuk daging beku dari importir resmi pun tidak luput dari pemeriksaan.

"Kita juga bawa lab mobile jadi diperiksa langsung keluar hasil, termasuk mencermati adanya campuran daging sapi dan daging celeng, pemeriksaan ketat pun dilakukan di pasar hewan termasuk daging beku," kata dia kepada KIM Purwakarta.
 


Tindakan tegas akan sidak apabila terdapat daging yang kurang layak dikonsumsi, Sri menambahkan hal tersebut bertujuan memberikan pemahaman dan pembinaan khususnya untuk pedagang serta memberikan rasa aman kepada masyarakat jelang lebaran.

"Ya kita akan tindak, kalau ada kenakalan - kenakalan hal itu untuk pembinaan karena kan kita inginkan masyarakat aman, selain itu kita juga pantau peredaran daging beku terutama dibawah pasaran yang ditetapkan pemerintah," ucap Sri.

Sedangkan untuk stok ketersedian daging, Sri mengatakan untuk kebutuhan daging untuk masyarakat dirasakan aman. Dimana sudah mulai masuk ternak hidup dari Jawa Tengah, Jawa Timur dan termasuk Purwakarta.

"Untuk stok aman, selain ternak hidup siap potong juga adanya daging beku, jadi insya allah aman untuk kebutuhan daging di idul fitri," pungkasnya siang itu. 



(Wief)

Tags :

Created by: Admin

Kelompok Informasi Masyarakat Kabupaten Purwakarta - Ajaib (Akurat, Jaringan, Aktual, Informasi dan Berita)