-->

BUMDes "Amanah" Sukses Usaha Ikan Lele, Sebagian Hasilnya Untuk Pendapatan Asli Desa


Cibatu – Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Desa Cipancur sukses dalam usaha budidaya ikan lele dumbo. Desa yang terletak di Kecamatan Cibatu Purwakarta ini melakukan panen yang ketiga, jum'at(24/5/2019).

Walim Kepala Desa Cipancur menyampaikan BUMDes Amanah dibentuk sesuai hasil musyawarah, mengelola dua unit usaha, yakni Perdagangan dan peternakan ikan lele.

Kedua unit usaha tersebut menggunakan sumber Dana Desa TA 2018.

“Seingat saya, bibit ikan lele ditaburkan ke dalam kolam ikan sekitar bulan November 2018 lalu dan sudah panen yang ketiga kalinya kemarin tanggal 24 Mei 2019 dan hasilnya alhamdulillah sudah bisa berkontribusi pada Pendapatan Asli Desa serta dapat memberdayakan masyarakat desa”, paparnnya

Hasil dari BUMdes ini mengikuti peraturan AD/ART dan Undang-undang desa.

“Hasil per tahun nanti dihitung ada persenannya untuk segala bidang usaha BUMDes, misalnya 5% untuk pengawas Bumdes,

7% untuk penasehat BUMDes, 10% untuk pengurus BUMDes dan sisanya untuk Pendapatan Asli Desa. Intinya sesuai hasil Musyawarah Desa,” ungkap Kades.

Dia berharap kepada semua pengurus Bumdes untuk tetap selalu optimis dan istiqomah.

“Setiap pekerjaan itu harus kita cintai, dengan mencintai pekerjaan tersebut Insya Allah membuahkan hasil yang memuaskan dan jangan lupa tetap minta petunjuk kepada Allah, supaya kita mendapatkan keberkahan dari setiap apa yang kita kerjakan,” imbuhnya.

Saat ditemui, Rastam direktur BUMDes mengatakan akan lebih tekun dan selalu optimis untuk mengelola ternak ikan lele ini, harapan kedepannya pemerintah lebih dapat mensuport baik peningkatan kapasitas pengurus BUMDes maupun peguatan BUMDes supaya dapat memperluas kolam ternak ikan lele tersebut.






(DK)

Tags :

Created by: Admin

Kelompok Informasi Masyarakat Kabupaten Purwakarta - Ajaib (Akurat, Jaringan, Aktual, Informasi dan Berita)