-->

Budidaya Sorgum BUMDes Pinunjul


Sukatani - Sorgum Prodak Unggulan Desa Pasir Munjul, Kecamatan Sukatani, Kabupaten Purwakarata. Sorgum menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah tanaman yang termasuk dalam suku graminae, tinggi batangnya 4-6 m, perbungaannya berupa malai, buahnya berupa butir yang bulat atau hampir bulat, lebih kecil daripada biji jangung, kegunaanya banyak, sebagian bahan pangan, pakan ternak, dan dibuat bahan perekat. Selain itu juga ditangan para petani sorgum Desa Pasirmunjul Kecamatan Sukatani Kabupaten Purwakarta, sorgum dapat menjadi nasi, tepung, popcorn, kue, simping, tape sorgum,dan lainya.

Salah satu hal yang mendorong Desa Pasirmunjul untuk bertani sorgum adalah letak geografis yang cocok dan strategis untuk ditanami sorgum, karena tanaman sorgum ini dapat ditanam diberbagai jenis tanah dan tidak sulit ditanam dimanapun. Berawal dari kebiasaan masyarakat yang suka bertani, Di Desa Pasirmunjul kami BUMDES PINUNJUL berencana bertani sorgum karena selalin mudah ditanam begitupun banyak juga manfaatnya.


Kami menanam sorgum di tanah dekat desa, kendala yang kami keluhkan adalah alat pendukung masa panen karena dari awal sampai saat ini kami pengurus BUMDES PINUJUL bertani menggunakan dengan alat seadanya. Selain itu juga kami kendala dalam pemasaran karena Bertani Sorgum ini baru dimulai sejak 2018.


Dari kendala-kendala yang ada, kami mendapatkan beberapa solusi, misalnya dalam kendala alat-alat untuk panen kami menggunakan alat atau perkakas biasa yang sering dipakai untuk berkebun, begitupun kendala dalam pemasaran saat ini kami sedang berusaha mempublikasikan bahwa didaerah kami terdapat pertanian sorgum dan pengelolaan hasil sorgum yang banyak manfaatnya.
 


Langkah-langkah
Pertama siapkan lahan, kami menanam sorgum dengan luas tanah kurang lebih sekitar 3 hektar. Kemudian tanah tersebut kami beri pupuk kandang, biasanya pemberian pupuk dilakukan 3 kali untuk satu kali panen. Kemudian langkah kedua tanam bibit sorgum. Langkah ketiga, ketika tanaman sorgum berumur satu minggu baru kita beri pupuk kembali, umurkan satu bulan sambil kita merawatnya bersikan rumput liar yang tumbuh disekitaran tanaman sorgumnya, lalu diberikan pupuk kembali. Masa Panen, sekitar umur dua bulan setengah berbunga, tiga bulan setengah sudah siap panen.
 


Manfaat dari Sorgum

1. Kesehatan pencernaan
2. Kesehatan jantung
3. Mencegah Kanker
4. Mengontrol diabetes
5. Mengontrol celiac
6. Kesehtan tulang
7. Perkembangan sel darah merah
8. Kestabilan energi
9. Kesehatan tiroid
10. Meningkatkan daya kognitif

Pengurus BUMDes Pinunjul
Pengawas 
Ketua : Misna
Wakil ketua  : Aep
Sekretaris : Akip
Anggota : H.Usep
Penasihat : M.Hilman Nurzaman
Direktur : Sayoga.E.P, 
Sekretaris : Parayoga
Bendahara : Asril Apriadin
Kepla yunit usaha jsa dan Umum : Yopy.B.P. 
Kepala Yunit Usaha Peternakan : Wawan


(FN)

Tags :

Created by: Admin

Kelompok Informasi Masyarakat Kabupaten Purwakarta - Ajaib (Akurat, Jaringan, Aktual, Informasi dan Berita)