-->

Penyambutan Hari Pertama Masuk Sekolah Murid Baru PAUD, KB Dan TK Ali Hamdan


Babakancikao - Guru-guru pendidik PAUD, KB Dan TK Ali Hamdan Desa Maracang dengan semangat menyambut siswa-siswi PAUD, KB Dan TK Ali Hamdan di halaman depan sekolah.

Sri Ningsih selaku Kepala Sekolah TK Ali Hamdan menuturkan "Kegiatan ini di maksudkan agar siswa-siswi merasa senang dan nyaman berada di lingkungan sekolah dan untuk mencari anak-anak yang berprestasi dan memacu pengembangan kreatifitas siswa-siswi" Ungkap Sri Ningsih kepada KIM Purwakarta (18/07/19)



Sri Ningsih menambahkan dalam obrolannya manfaat dari menyambut siswa-siswi masuk ke sekolah :

Pertama, membangun komunikasi yang baik antara keduanya. Dengan menanyakan kabar, menyapa, dan memuji anak ketika menyambut anak, guru membangun pola komunikasi yang akrab. Selain itu, melalui komunikasi tadi tertanam pula nilai kebahasaan yang baik.

Kedua, menjalin hubungan baik dengan wali murid. Selain dengan anak, penyambutan di pagi hari membuat guru dapat menjalin hubungan yang baik dengan wali murid. Hal tersebut dapat membantu guru untuk lebih memahami siswa ataupun sebaliknya, guru memberi saran pada orang tua tentang pola asuh di rumah. Sebab, untuk menciptakan anak yang cerdas tidak cukup dari pihak sekolah saja, tetapi dukungan dari keluarga.

Ketiga, menanamkan karakter agamis. Ketika saling mengucapkan salam, sesungguhnya guru sedang mengajarkan pada anak untuk saling mendoakan dalam kebaikan. Hal tersebut dapat memicu timbulnya akhlak mulia dalam diri siswa.

Keempat, disiplin waktu. Kegiatan pagi hari ini menuntut siswa dan guru untuk berdisiplin waktu. Hal tersebut mendorong keduanya untuk hadir di sekolah tepat waktu. Secara tidak langsung, hal ini mengajarkan siswa tentang tanggung jawab. Sebab, persoalan tepat waktu dan terlambat adalah tanggung jawab siswa (maupun guru) atas dirinya sendiri,

Kelima, menanamkan nilai estetika (keindahan) penampilan. Dalam penyambutan tersebut, guru biasanya memberi nasehat tentang penampilan siswa. Misal apabila siswa berseragam tidak rapi, rambutnya belum disisir, atau rambut sudah terlalu panjang untuk siswa laki-laki, dan lain-lain.



“Kegiatan penyambutan siswa-siswi kali ini sangat berbeda dari sebelumnya dan merupakan momen terbaik bagi kami. Karena siswa-siswi baru sekarang di sambut dengan tarian penyambutan oleh anak TK, nyanyi bersama dengan teman baru, ditambah serah terima orang tua murid kepada guru, melepas burung merpati serta balon bersama-sama Dan pengenalan lingkungan sekolah kepada siswa-siswi. Acara ini berlangsung selama 2 hari dari hari kamis-jumat tanggal 18-19 Juli 2019" Ungkap Sri.



Selain itu, penerimaan siswa-siswi tahun ajaran 2019/2020 ini berkat dukungan penuh oleh wali murid dan support langsung dari yayasan. Kemudian kegiatan tersebut juga tidak terlepas dari para dewan guru yang telah melatih siswa-siswi dengan optimal sehingga bisa menyajikan penampilan yang terbaik.



Abdar
KIM Purwakarta

Tags :

Created by: Admin

Kelompok Informasi Masyarakat Kabupaten Purwakarta - Ajaib (Akurat, Jaringan, Aktual, Informasi dan Berita)