Tentang Kami (FK KIM Purwakarta)

Semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi pada masyarakat dunia pada umumnya dan masyarakat di Kabupaten Purwakarta khususnya sangat berpengaruh terhadap sikap dan perilaku masyarakat Kabupaten Purwakarta.

Forum Komunikasi Kelompok Informasi Masyarakat Kabupaten Purwakarta (FK-KIM Purwakarta) dibentuk atas dasar kesepakatan dan kepentingan bersama karena atas dasar untuk mewadahi Kelompok Infornasi Masyarakat atau Komunitas sejenis yang ada di Kabupaten Purwakarta.

Kelompok Informasi Masyarakat atau KIM adalah kelompok yang dibentuk oleh masyarakat,dari masyarakat dan untuk masyarakat secara mandiri dan kreatif mengelola informasi dan pemberdayaan masyarakat guna meningkatkan nilai tambah. 



Definisi ini berdasarkan Peraturan Menteri Kominfo Nomer 8 Tahun 2010.
Sehingga yang melatarbelakangi dibentuknya KIM adalah :

  • Perlu upaya pemberdayaan masyarakat dengan mengembangkan paradigma komunikasi dengan masyarakat (Communications With People) bukan lagi komunikasi untuk masyarakat (Communications For People) Pemerintah, Daerah Purwakarta mengembangkan Lembaga Komunikasi Sosial sebagai mitra dalam diseminasii nformasi.
  • Diseminasi informasi dislenggarakan dengan tujuan untuk mencerdaskan bangsa, memberdayakan masyarakat, meningkatkan kesehjahtraan masyarakat dan memperkokoh integritas berbangsa dan bernegara. Diseminasi informasi diarahkan untuk mewujudkan tata kelola pemerintah yang baik dan fartisipasi masyarakat dalam proses penyebaran informasi dengan pembangunan.
  • Penyebaran informasi diselenggarakan dengan timbal balik dari pemerintah kepada masyarakat baik diminta atau tidak diminta, dapat dilakukan melalui media masa maupun media komunikasi lainnya dan / Lembaga-lembaga komunikasi masyarakat.