Peran Vital Bhabinkamtibmas Polsek Plered, Menjaga Keamanan Hingga ke Pelosok Desa


Purwakarta
- Polsek Plered, Polres Purwakarta, Polda Jawa Barat terus berkolaborasi dengan berbagai elemen masyarakat setempat untuk menciptakan kondisi kamtibmas yang aman dan kondusif.

Guna mencapai tujuan ini, para Bhabinkamtibmas Polsek Plered secara rutin melakukan silaturahmi dan kunjungan ke warga di desa-desa binaannya masing-masing.

Sebagai bagian dari upaya ini, Bhabinkamtibmas Polsek Plered secara berkala memberikan imbauan kepada warga tentang pentingnya menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan mereka.

Kapolres Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain melalui Kapolsek Plered, AKP Ali Murtadho menegaskan bahwa Bhabinkamtibmas memiliki peran krusial sebagai ujung tombak kepolisian dalam mendeteksi permasalahan yang terjadi di masyarakat.

Ali menjelaskan bahwa tugas utama polisi adalah melindungi, mengayomi, dan melayani masyarakat.

"Oleh karena itu, fungsi kepolisian yang dikedepankan adalah peran Bhabinkamtibmas. Mereka adalah kepala kepolisian di tingkat desa yang harus mengetahui setiap permasalahan sekecil apapun yang ada di desa binaannya," ujar Ali pada Senin, 10 Juni 2024.

Kapolsek menyatakan bahwa peran Bhabinkamtibmas sangat vital dalam memberikan layanan atau bantuan kepolisian, terutama di desa-desa yang tidak memiliki kantor polisi.

"Apabila peran Bhabinkamtibmas berjalan dengan baik, berbagai permasalahan yang muncul dapat dicegah dan diminimalisir," ungkap Ali.

Ali juga menekankan bahwa Bhabinkamtibmas sebagai ujung tombak di tingkat desa harus melaksanakan upaya preemtif dan preventif serta menjalin hubungan baik dengan masyarakat.

"Untuk menjalin hubungan baik dengan masyarakat, para Bhabinkamtibmas Polsek Plered diwajibkan untuk rutin melakukan kunjungan kamtibmas di desa-desa binaannya," jelasnya.

Dalam kunjungan tersebut, para Bhabinkamtibmas menyampaikan pesan-pesan kamtibmas secara humanis kepada masyarakat.

"Mereka mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama menjaga kamtibmas dan berperan aktif dalam memelihara keamanan dan ketertiban," ungkap Ali.

Kapolsek menyatakan bahwa keamanan dan ketertiban bukan hanya tugas Kepolisian atau TNI saja, tetapi seluruh warga masyarakat juga dapat berperan aktif, salah satunya dengan aktif mengikuti ronda malam.

"Keamanan dimulai dari level terkecil. Setiap orang bisa menjadi 'polisi' dalam keluarga sendiri dan lingkungan sekitar untuk bersama-sama menjaga kamtibmas," pungkasnya.