Curah Hujan Tinggi Picu Ancaman Longsor di Desa Tanjungsari Purwakarta, Warga Mulai Cemas

Warga Desa Tanjungsari saat sedang memperbaiki jalan yang retak dengan cara sederhana

Purwakarta
- Dalam beberapa hari terakhir hujan dengan intensitas tinggi terus mengguyur wilayah 
Kecamatan Pondoksalam, Kabupaten Purwakarta sehingga membuat kekhawatiran warga setempat.

Seperti halnya terjadinya rawan longsor yang ada di RT 023/RW 009 Desa Tanjungsari. Dimana dalam situasi tersebut, warga Desa Tanjungsari menemukan adanya retakan dan sedikit amblas di jalan yang menghubungkan antara Desa Tanjungsari dan Desa Galudra.

"Saya sangat khawatir adanya kerawanan apalagi saat musim hujan ditambah lagi jalan ini berada di pinggiran yang curam, selain dilalui kendaraan dan ada juga beberapa pemukiman warga," ungkap 
Ade Mulyadi warga Desa Tanjungsari, Rabu (21/2/24).

Adanya retakan jalan tersebut, jelas Ade, saat ini warga sekitar dan apartur pemerintahan desa berupaya untuk memperbaiki kerusakan dengan cara yang sederhana.

"Kami berharap pemerintahan dapat membantu perbaikan agar dapat teratasi. Karena, lama-kelamaan jika ini tidak diperbaiki dengan total dapat mengakibatkan dampak yang sangat buruk untuk keberlangsungan hidup," katanya.

Sementara itu menanggapi permasalahan tersebut, 
Kepala Desa Tanjungsari, Rusmana Wijaya, mengatakan bahwa lokasi tersebut sudah diusulkan melalui musrembang desa untuk diusulkan ke Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta.

"Semoga saja lancar dan dapat direalisasikan," kata Kades Tanjungsari.

Ia menambahkan, pihaknya dan jajaran pemerintahan sedang ikhtiar untuk pengusulan perbaikan, namun sampai saat ini belum ada realisasi.

"Saya sangat berharap pemerintah daerah dan lainnya dapat membantu mempercepat penanganan seperti perbaikan tanah yang curam dengan dipondasi atau dengan cara lainnya agar tidak terjadinya pergeseran,serta jalannya yang mulai retak," imbuhnya.

Rusmana juga mengatakan, pihaknya juga sudah mengontrol, mengecek dan sudah melakukan laporan kepada pihak-pihak terkait. Namun tinggal bagaimana respon dan keberlanjutannya.

"Saya pun berharap terkait masalah ini dapat cepat diatasi demi keamanan pemukiman ataupun pengguna jalan yang melintas," pungkasnya.

Media KIM Kabupaten Purwakarta
Reporter: Yogi Saputra (KIM Desa Tanjungsari)
Editor: Abun B.