Desa Cijati Purwakarta Bergerak Cepat dalam Aksi Pencegahan DBD


Purwakarta
- Pemerintah Desa (Pemdes) Cijati, Kecamatan Maniis, Kabupaten Purwakarta, mengambil langkah cepat dalam melaksanakan aksi bersih-bersih lingkungan sebagai tindakan preventif melawan Demam Berdarah Dengue (DBD). 

Kegiatan yang berlangsung pada hari Senin, 25 Desember 2023, dengan melibatkan masyarakat setempat dan aparat desa mulai dari RW, RT, Badega Lembur, dan Karangtaruna, aksi ini dilakukan secara serentak di enam RW.

Kepala Desa dan penanggung jawab setiap wilayah oleh kepala Dusun memimpin secara serentak kegiatan ini di wilayah dusun.

Kepala Desa Cijati, H. Zenal Arifin, menyampaikan bahwa pencegahan kasus DBD memerlukan dukungan penuh kesadaran masyarakat dalam menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). 

"Masyarakat diminta untuk terus melaksanakan Program Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dengan menerapkan pola 3M plus, yaitu menguras tempat penampungan air, menutup rapat tempat-tempat penampungan air, dan memanfaatkan kembali limbah barang bekas yang memiliki nilai ekonomis (daur ulang)," ungkap Zenal, pada Senin, 25 Desember 2023.

Selain itu kata dia, masyarakat juga disarankan untuk memanfaatkan kembali atau mendaur ulang barang-barang bekas yang berpotensi menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk demam berdarah. 

"Selain itu kami juga melakukan gotong royong untuk membersihkan lingkungan atau memelihara ikan pemakan jentik-jentik nyamuk. 

Sementara itu, Yayat Hidayat, yang menangani wilayah Dusun 1, menekankan pentingnya meningkatkan kewaspadaan terhadap penyebaran DBD. 

"Melalui upaya masyarakat sadar lingkungan, diharapkan penyebaran dan upaya pencegahan DBD di wilayah mereka dapat teratasi dengan baik," pungkasnya.


Media KIM Kabupaten Purwakarta
Editor: Abdar
Reporte: Deni