Dari Sekolah Lapang ke Perubahan Nyata, Langkah Kreatif untuk Pembangunan Desa Inklusif di Cibukamanah

Team Building dan Kolaborasi Usulan bagi Kelompok Perempuan, Disabilitas, dan Kaum Marjinal melalui Sekolah Lapang

Purwakarta
- Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (LAKPESDAM) PCNU Kabupaten Purwakarta bekerjasama dengan Pemerintah Desa Cibukamanah, Kecamatan Cibatu, mengadakan acara "Team Building dan Kolaborasi Usulan bagi Kelompok Perempuan, Disabilitas, dan Kaum Marjinal melalui Sekolah Lapang".

Tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan keterlibatan masyarakat dalam pembangunan desa, terutama untuk kelompok rentan dan marjinal di Desa Cibukamanah. Acara dilaksanakan di Aula dan Bale Mulya Rasa Desa Cibukamanah, Kecamatan Cibatu, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, pada Sabtu, 26 Agustus 2023.

Kegiatan ini juga merupakan bagian dari program Penguatan Pemerintah dan Pembangunan Desa (P3PD) Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (PDTT), yang fokus pada pembangunan desa yang inklusif dan akuntabel.

Acara dimulai dengan sambutan Kepala Desa Cibukamanah, 
Ibu Eni Kurniati, S.Pd, M.Ap, dan diikuti oleh 25 peserta dari anggota lembaga Sekolah Lapang, yang terdiri dari kelompok perempuan, disabilitas, dan kelompok marjinal. Ustadz Darmana, Ketua Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Kecamatan Cibatu, juga turut hadir dalam acara tersebut.

Menurut Ketua LAKPESDAM PCNU Kabupaten Purwakarta, 
Pupu Tarpu Hawa, bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah mempererat hubungan emosional antara anggota tim lembaga Sekolah Lapang, sambil juga menggali usulan dan gagasan dari setiap peserta. 

"Usulan dan gagasan ini akan diajukan bersama untuk dimasukkan dalam Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDES) dan akan didiskusikan lebih lanjut pada Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (MUSREMBANGDES)," ungkap Kang Pupu ketika dikonfirmasi Media KIM Kabupaten Purwakarta, Sabtu (26/8/23).

"Kami menekankan pentingnya memberikan hak yang sama kepada kelompok perempuan kepala rumah tangga, disabilitas, lansia, dan anak-anak, sehingga mereka tidak hanya dianggap sebagai objek kebijakan, tetapi juga berperan sebagai subjek dalam proses pembuatan kebijakan," tambah Kang Pupu.

Sementara itu, M. Zaki Yusuf, Koordinator Tim P3PD, menyatakan bahwa kolaborasi antara LAKPESDAM PCNU Kabupaten Purwakarta dan Pemerintah Desa Cibukamanah diharapkan dapat membantu mengurangi ketidaksetaraan dan ketidakmerataan dalam pembangunan desa. 

"Langkah ini diharapkan mampu memberikan peluang lebih besar bagi kelompok rentan dan marjinal untuk berpartisipasi secara aktif dalam pembangunan komunitas mereka," jelasnya.

Zaki juga menekankan perlunya langkah-langkah untuk memberdayakan kelompok ini, sehingga mereka tidak hanya menjadi objek kebijakan, tetapi juga aktif dalam setiap aspek kebijakan pembangunan. 

"Dengan kerja sama yang semakin kuat antara LAKPESDAM PCNU Kabupaten Purwakarta dan Pemerintah Desa Tegalsari, diharapkan desa ini dapat menjadi contoh sukses dalam mewujudkan inklusi sosial yang lebih luas. Setiap warga desa diharapkan memiliki suara dan peran penting dalam pembangunan desa yang berkelanjutan," pungkasnya.


Media KIM Kabupaten Purwakarta
Editor: Abdar