Polsek Bungursari Sambangi Masyarakat Melalui Patroli Dialogis

Giat Polsek Bungursari Sambangi Masyarakat Melalui Patroli Dialogis

Purwakarta
- Polsek Bungursari, Polres Purwakarta, Polda Jawa Barat, sedang gencar melakukan Patroli Dialogis sebagai upaya untuk menghadirkan Polri di tengah-tengah masyarakat.

Ini dilakukan dengan tujuan meningkatkan kinerja dan mengubah paradigma Polri menuju Polri yang Presisi (prediktif, responsibilitas, dan transparansi berkeadilan).

Kapolres Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain, melalui Kapolsek Bungursari, Kompol H Budi Harto, menyatakan bahwa patroli dialogis ini dilakukan untuk menyampaikan pesan-pesan kamtibmas kepada masyarakat dan menjalin hubungan serta komunikasi yang baik.

"Patroli dialogis ini dilakukan secara rutin. Tujuannya adalah menyampaikan pesan kamtibmas kepada masyarakat agar mereka bersama-sama menjaga kamtibmas di lingkungan masing-masing," ungkap Budi pada Sabtu, 10 Juni 2023.

Dia menjelaskan bahwa patroli dialogis ini tidak hanya dilakukan untuk memantau warga, tetapi juga disertai dengan penyampaian himbauan kamtibmas kepada masyarakat agar menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan nyaman.

"Partisipasi masyarakat sangat diharapkan dalam upaya pemeliharaan kamtibmas di sekitar tempat tinggal mereka," jelas Budi.

Seperti yang diarahkan oleh Kapolres Purwakarta, kata Budi, personel Polsek Bungursari terus melakukan kegiatan patroli pada jam-jam rawan untuk mencegah kejahatan konvensional, seperti pencurian dengan pemberatan (Curat), pencurian dengan kekerasan (Curas), pencurian kendaraan bermotor (Curanmor), aksi premanisme, dan geng motor.

"Kami selalu berusaha memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat di wilayah hukum Polsek Bungursari. Kegiatan patroli pada jam rawan ini dilakukan sebagai tanggapan strategis terhadap Harkamtibmas dan sebagai jaminan keamanan agar masyarakat dapat tidur nyenyak dengan mengutamakan tindakan preemtif dan preventif," tegasnya.

Selain itu, kata Budi, masyarakat diingatkan agar jika menemui hal-hal yang mencurigakan, silakan hubungi Polisi terdekat atau bhabinkamtibmas agar segera ditindaklanjuti.

"Dalam setiap pesan kamtibmas, kami selalu mengingatkan masyarakat agar tidak melakukan kegiatan yang mengganggu kenyamanan masyarakat lainnya dan melaporkan jika mengetahui adanya peredaran miras dan narkoba atau tindakan yang mengganggu kamtibmas," ungkap Budi.


Media KIM Kabupaten Purwakarta
Editor: Abdar