Patroli Dialogis, Strategi Polsek Bungursari Cegah Kejahatan dan Menghadirkan Keamanan Bagi Masyarakat

Polsek Bungursari Polres Purwakarta Gencar Lakukan Patroli Dialogis

Purwakarta
- Kepolisian Sektor Bungursari, Polres Purwakarta, Polda Jawa Barat secara aktif melakukan Patroli Dialogis untuk mendekatkan diri dengan masyarakat.

Langkah ini dilakukan dengan tujuan meningkatkan kinerja dan mengubah paradigma Polri menuju Polri yang Presisi (prediktif, responsibilitas, dan transparansi berkeadilan).

Kapolres Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain, melalui Kapolsek Bungursari, Kompol H Budi Harto, menjelaskan bahwa patroli dialogis ini dilakukan untuk menyampaikan pesan-pesan mengenai keamanan dan ketertiban kepada masyarakat serta membangun hubungan yang baik antara polisi dan masyarakat.

"Patroli dialogis ini dilaksanakan secara rutin dengan tujuan menyampaikan pesan keamanan dan ketertiban kepada masyarakat agar bersama-sama menjaga keamanan di lingkungan mereka masing-masing," ungkap Budi pada Rabu, 14 Juni 2023.

Dia menjelaskan bahwa patroli dialogis ini tidak hanya untuk memantau warga, tetapi juga untuk memberikan himbauan mengenai keamanan dan ketertiban kepada masyarakat, dengan harapan terciptanya situasi yang aman dan nyaman.

"Partisipasi masyarakat sangat penting dalam upaya menjaga keamanan dan ketertiban di sekitar tempat tinggal mereka," jelas Budi.

Seperti yang diarahkan oleh Kapolres Purwakarta, anggota Polsek Bungursari terus melakukan patroli pada jam-jam rawan untuk mencegah kejahatan konvensional, seperti pencurian dengan pemberatan (Curat), pencurian dengan kekerasan (Curas), pencurian kendaraan bermotor (Curanmor), aksi premanisme, dan tindakan kriminal yang melibatkan geng motor.

"Kami selalu berusaha memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat di wilayah hukum Polsek Bungursari. Patroli pada jam rawan ini merupakan respons strategis dalam memelihara keamanan dan memberikan jaminan agar masyarakat bisa tidur nyenyak dengan mengutamakan tindakan preventif dan preemtif," tegasnya.

Selain itu, Budi mengingatkan masyarakat untuk segera menghubungi polisi terdekat atau Bhabinkamtibmas jika menemui hal-hal mencurigakan yang perlu ditindaklanjuti.

"Dalam setiap pesan mengenai keamanan dan ketertiban, kami selalu mengingatkan masyarakat untuk tidak mengganggu kenyamanan orang lain dan melaporkan jika mengetahui adanya peredaran minuman keras, narkoba, atau tindakan yang mengganggu keamanan dan ketertiban," ungkap Budi.


Media KIM Kabupaten Purwakarta
Editor: Abdar