Kedekatan TNI-Polri dengan Masyarakat, Babinsa dan Bhabinkamtibmas Melaksanakan Sambang Rutin

Sinergitas TNI-Polri dan Masyarakat

Purwakarta
- Bersama-sama, Babinsa dan Bhabinkamtibmas Polsek Bungursari, Polres Purwakarta, Polda Jawa Barat melaksanakan sambang ke masyarakat dengan tujuan menciptakan keamanan dan ketertiban, serta memperkuat sinergitas TNI-Polri di Kabupaten Purwakarta.

Bersama dengan Babinsa Koramil 1907/Bungursari, Kodim 0619/Purwakarta, Bhabinkamtibmas Polsek Bungursari, Polres Purwakarta, kompak dalam memberikan imbauan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di wilayah Desa binaan mereka.

Kapolres Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain melalui Kapolsek Bungursari, Kompol H Budi Harto menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk sinergi antara TNI-Polri dan juga menunjukkan bahwa pemerintah hadir melalui sambang dan monitoring yang dilakukan oleh TNI dan Polri.

"Babinsa tidak hanya menjaga keamanan wilayah binaan, tetapi juga terus membantu pemerintah dalam memberikan edukasi kepada masyarakat terkait program pemerintah," ucap Budi pada Jumat, 16 Juni 2023.

Kapolsek menjelaskan bahwa sinergi TNI-Polri bersama warga bertujuan untuk mempererat hubungan baik dan menciptakan situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif.

"Kegiatan sambang ini rutin dilaksanakan sebagai upaya untuk mendekatkan diri kepada tokoh masyarakat dan warga lainnya," kata Budi.

Dalam kegiatan tersebut, selain menyampaikan pesan dan himbauan Kamtibmas, Bhabinkamtibmas dan Babinsa juga berperan dalam mengumpulkan informasi sekecil apapun yang ada di wilayah binaan mereka.

"Selain menjalin hubungan yang baik antara warga masyarakat dengan Polri, anggota Bhabinkamtibmas juga akan segera mengetahui perkembangan situasi kamtibmas di wilayah desa binaannya," tutur Budi.

Ia menambahkan bahwa dalam sambang Kamtibmas tersebut, para Bhabinkamtibmas memberikan pesan-pesan Kamtibmas dengan cara yang humanis kepada masyarakat.

"Para Bhabinkamtibmas mengajak seluruh masyarakat agar bersama-sama menjaga Kamtibmas dan berperan dalam memelihara Kamtibmas," ucap Budi.


Media KIM Kabupaten Purwakarta
Editor: Abdar