Polsek Bungursari Purwakarta Membuat Terobosan Baru dalam Imbauan Kamtibmas

Imbauan Kamtibmas ala Polsek Bungursari

Purwakarta
- Polsek Bungursari, Polres Purwakarta tidak hanya sekadar menyampaikan imbauan rutin terkait keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) kepada warga, namun mereka juga berhasil mengubah pendekatan menjadi lebih menarik dan berbeda.

Melalui kegiatan sambang warga yang dilakukan oleh para bhabinkamtibmas, imbauan kamtibmas disampaikan secara interaktif dan inovatif. Salah satu contohnya adalah Bhabinkamtibmas Desa Karangmukti, Kecamatan Bungursari, Kabupaten Purwakarta, Bripka Wahyudin yang aktif bertemu warga binaannya.

Kapolres Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain melalui Kapolsek Bungursari, Kompol H Budi Harto menjelaskan bahwa personelnya berupaya menghimbau masyarakat agar ikut membantu Polri dengan memberikan informasi terkait situasi kamtibmas di wilayah kecamatan Bungursari, Kabupaten Purwakarta.

"Selain mengajak masyarakat untuk menjaga keamanan dan ketertiban, kami juga berusaha menjalin hubungan yang lebih dekat dengan masyarakat, khususnya di Polsek Bungursari," ujar Kompol Budi pada Kamis, 11 Mei 2023.

Kapolsek juga mengajak seluruh masyarakat untuk berperan aktif dalam menjaga lingkungan sekitarnya dengan mengaktifkan kembali sistem keamanan lingkungan (Siskamling).

Selain itu, dalam kegiatan tersebut, Polsek Bungursari juga mengimbau masyarakat agar tetap waspada terhadap penyebaran isu-isu di media sosial yang berpotensi menjadi hoaks dan tidak melakukan tindakan kekerasan sendiri.

“Kami juga menyampaikan himbauan kepada warga yang memiliki anak remaja agar tidak menggunakan kendaraan dengan knalpot bising, tidak terlibat dalam geng motor, atau melakukan tindakan yang mengganggu ketertiban, keamanan, dan kenyamanan warga,” tambahnya.

Budi menambahkan, pihaknya juga mengajak tokoh masyarakat dan orang tua untuk mengingatkan para remaja di lingkungan mereka agar tidak terlibat dalam tawuran, konvoi, atau perilaku kriminal lainnya.

"Jangan ragu untuk melaporkan hal-hal yang mencurigakan kepada polisi. Setiap laporan, sekecil apapun, akan kami tindaklanjuti. Karena tugas kita adalah melayani, mengayomi, dan melindungi masyarakat," tegas Kompol Budi Harto.

Dengan pendekatan yang menarik dan berbeda ini, Polsek Bungursari, Polres Purwakarta telah memberikan contoh nyata bagaimana mengomunikasikan imbauan kamtibmas kepada masyarakat dengan cara yang lebih efektif dan tidak monoton.


Media KIM Kabupaten Purwakarta
Editor:Abdar