Bakat Generasi Muda Purwakarta Bersiap Tampil di Festival Pop Singer HAPMI 2023 Tingkat Jawa Barat


Purwakarta
- Delapan Generasi Muda Purwakarta yang berbakat dalam bernyanyi, sebagai binaan dari HAPMI (Himpunan Artis Penyanyi dan Musisi Indonesia) Kabupaten Purwakarta, bertekad untuk mengharumkan nama Purwakarta dalam Festival Pop Singer HAPMI 2023 Tingkat Jawa Barat yang diselenggarakan di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat pada tanggal 8 hingga 9 Juli 2023 pekan ini.

Ada delapan delegasi Purwakarta yang berasal dari berbagai kecamatan, yaitu:

- Remaja putri:
1. Sabrina Fatimah Azzahra

- Dewasa puteri:
1. Jihaan Fithriyyah
2. Lulu Luatussadiyah

- Dewasa putra:
1. Rd. Rifki Pratama
2. Rizki Fajar Widiantara

- Tembang Lawas puteri:
1. Intan Ariantini
2. Yuni Yulianti

- Tembang Lawas pria:
1. Thomas M. Lambertus

Dalam rangka mendukung acara tersebut, Pengurus HAPMI dan BELA PURWAKARTA berkoordinasi dengan Sekretaris Daerah (Sekda) Purwakarta, Norman Nugraha.

Ali Novel Magad, Sekretaris HAPMI, menjelaskan, "Alhamdulillah, untuk teknis keberangkatan dan kepulangan, pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) berkomitmen untuk membantu kami."

Dalam pertemuan tersebut, BELA PURWAKARTA juga mengonfirmasi dukungan dari Pemkab Purwakarta terhadap generasi muda berbakat lainnya, yaitu Annisa Bilqis Ufaira, siswa kelas 2 SD yang berasal dari Desa Cipinang, Kecamatan Cibatu. 

Annisa juga akan mempersembahkan prestasi Purwakarta dan Indonesia dalam acara Tari Internasional di Penang, Malaysia, pada tanggal 27 Juli 2023 dengan keberangkatan pada tanggal 25 Juli 2023.

Diketahui sebelumnya, Annisa telah berhasil menjadi finalis Grand Kejuaraan Tari tingkat nasional di Surabaya pada bulan Mei lalu.

Koordinator BELA PURWAKARTA, 
Aa Komara Cakradiparta, mengatakan, "Syukur Alhamdulillah, Generasi Muda Purwakarta memiliki bakat yang luar biasa. Semoga kerja keras mereka dalam mempersiapkan diri melalui berbagai latihan hingga saat berkompetisi, akan membuahkan hasil yang baik."

Kontes yang diikuti oleh 8 Penyanyi Binaan HAPMI dalam acara se-Jawa Barat dan penampilan Annisa dalam acara Internasional, merupakan hadiah istimewa untuk perayaan Hari Jadi Purwakarta. Kedua peristiwa tersebut diadakan pada bulan yang sama, yaitu bulan Juli, sebagai peringatan 192 tahun lahirnya Purwakarta.

"Semoga ini juga menjadi penghormatan khusus bagi para perintis kota ini, seperti Dalem Sholawat (R.A.A. Soeriawinata) dan sesepuh Purwakarta lainnya yang telah berjuang mendirikan Purwakarta," kata 
Aa Komara.

Meskipun mereka berada di dimensi yang berbeda, setidaknya kota yang telah mereka dirikan ini tetap maju, dengan masyarakat yang produktif dan berprestasi di berbagai bidang. Ini sejalan dengan makna dari nama PURWAKARTA itu sendiri.

Tentang Annisa, 
Aa Komara mengungkapan pihaknya sangat bersyukur dan bangga bahwa seorang anak desa mampu memperlihatkan kehormatan warga desa di tingkat Internasional. 

Ini juga, lanjut dia, menambah daftar anak desa dari Purwakarta yang telah berprestasi di tingkat internasional, seperti Gugun Gumilar dari Desa Sela Awi, Kecamatan Pasawahan, yang meraih gelar Duta Muda PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa), dan beberapa nama lainnya.

Tentunya, 
Aa Komara menambahkan, ini juga harus  disyukuri oleh masyarakat, aparatur desa, jajaran kecamatan, dan pemangku kepentingan di bidang pendidikan di Purwakarta. 

Hal ini menunjukkan bahwa sistem pendidikan di Purwakarta berhasil membentuk karakter siswa yang progresif dan berprestasi. Annisa adalah representasi siswa SD yang berbakat dan berprestasi.

"Kami berharap kehadiran Annisa di Malaysia juga menjadi momen untuk mempromosikan produk dan potensi desa di Purwakarta, serta keunggulan komoditas Purwakarta lainnya," katanya.

Dengan mengikuti acara tari ini, diharapkan akan muncul efek yang berlipat ganda bagi kepentingan Purwakarta dalam memperkuat hubungan kerjasama dengan Malaysia di berbagai sektor di masa depan.

Oleh karena itu, dukungan dari otoritas terkait, khususnya Pemerintah Kabupaten Purwakarta, sangat diperlukan agar persiapan keberangkatan dan selama tinggalnya Annisa di Malaysia dapat berjalan dengan optimal, sebagai Duta Purwakarta untuk kepentingan Purwakarta secara lebih luas dan jangka panjang.

Hasil koordinasi dengan Sekda Purwakarta menunjukkan respons yang positif baik untuk delegasi HAPMI Purwakarta maupun untuk Annisa Bilqis Ufaira.

"Kami tetap mengapresiasi usaha para putra-putri Purwakarta ini, baik saat menang maupun kalah dalam kejuaraan tersebut, karena mereka telah berjuang keras demi kehormatan Purwakarta. Kami mendoakan dan mengapresiasi juga para generasi prestatif Purwakarta yang sedang mengikuti kejuaraan lainnya agar tetap semangat dalam berdedikasi untuk kota tercinta," pungkasnya.


Media KIM Kabupaten Purwakarta
Editor: Abdar