Bhabinkamtibmas Polsek Pasawahan, Dari Penegakan Hukum Hingga Membantu Rakyat

Kegiatan gotong royong Polsek Pasawahan bersama warga

Purwakarta
- Pugas kepolisian tidak hanya sebatas penegakan hukum, tetapi juga memberikan bantuan dalam meringankan beban masyarakat. 

Salah satu contoh nyata dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Polsek Pasawahan, Polres Purwakarta, yang turut serta dalam kegiatan gotong royong bersama warga.

AKBP Edwar Zulkarnain, Kapolres Purwakarta, menyatakan bahwa langkah ini bertujuan untuk menjalin kedekatan dengan masyarakat. Dengan berpartisipasi dalam gotong royong bersama warga desa binaan, terbentuklah hubungan akrab antara masyarakat dan anggota Polisi.

"Selain menjaga situasi kamtibmas, para Bhabinkamtibmas Polsek Pasawahan juga terlibat aktif dalam membangun kebersamaan dengan masyarakat untuk mewujudkan Polri yang berorientasi pada kemanusiaan, salah satunya melalui kerja bakti bersama warga," ungkap AKP Ali Murtadho, Kapolsek Pasawahan, pada Selasa, 23 Mei 2023.

Menurutnya, dengan terbiasanya partisipasi Bhabinkamtibmas dalam kegiatan masyarakat, setiap anggota dapat lebih dekat dengan warga sehingga mampu membantu tugas kepolisian dalam menjaga keamanan dan ketertiban.

"Ini sangat berperan penting bagi Polri, terutama dalam memperkuat hubungan akrab dan kedekatan anggota dengan lingkungan masyarakat. Hal ini memudahkan komunikasi untuk mewujudkan situasi kamtibmas yang kondusif dan aman di lingkungan masyarakat," jelas Ali.

Selain itu, Kapolsek menambahkan bahwa kegiatan ini juga menjadi salah satu cara untuk memupuk budaya gotong royong di masyarakat yang saat ini mulai terabaikan. Hal ini juga mengajak masyarakat untuk membiasakan dan membudayakan gotong royong, karena melalui gotong royong, pekerjaan dapat selesai dengan cepat.

"Tak hanya itu, setiap Bhabinkamtibmas juga diminta untuk memberikan himbauan kamtibmas kepada warga," tambah AKP Ali Murtadho.


Media KIM Kabupaten Purwakarta
Editor: Abdar