Pastikan Aman dan Kondusif, Kapolres Purwakarta Monitoring Sejumlah Gereja


Purwakarta
- Jajaran Polres Purwakarta terus memperketat penjagaan di seluruh gereja dalam jelang Perayaan Paskah 2023 yang ada di sejumlah Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Dalam pengamanan jelang Perayaan Paskah 2023 ini, Kapolres Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain terjun langsung melakukan pengecekan di sejumlah Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, pada Jumat, 7 April 2023.

Kapolres mengatakan, pemantauan ini dilakukan guna memastikan penjagaan benar-benar dilakukan sesuai SOP, sehingga tercipta situasi aman dan kondusif sesuai yang telah direncanakan.

Bukan hanya mengecek personel yang ada dilapangan, Kapolres Purwakarta juga menitoring langsung situasi sejumlah gereja yang ada di Kabupaten Purwakarta.

"Kami memastikan dengan pengcekan pengamanan ini sesuai dengan rencana, tentunya seperti penjagaan-penjagaan di tempat-tempat terbuka yang mengundang Police Hazard," kata Edwar, pada Jumat, 7 April 2023.

Sehingga, jelas Kapolres Purwakarta, dengan penjagaan ini dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi jemaat Kristiani yang sedang melaksanakan rangkaian kegiatan Paskah 2023.

"Kegiatan perayaan Paskah 2023 sejauh ini berjalan kondusif, aman dan lancar. Tidak ada hal yang memicu terjadinya gangguan Kamtibmas," sambungnya.

Dengan datang memastikan pengamanan gereja, jelas dia, bukan karena tidak percaya dengan pelaksanaan tugas oleh anggota yang bertugas.

Akan tetapi, lanjut dia, yang paling penting adalah memberi support secara moril kepada mereka yang menjalankan ibadah dan penjagaan, sehingga dalam pelaksanaannya mereka penuh semangat dan tanggung jawab.

"Kita pastikan situasi di sejumlah gereja kondusif, sehingga umat Kristiani melaksanakan ibadah dengan tenang dan nyaman," ungkap Edwar.

Dengan pengamanan kegiatan ibadah Paskah 2023 ini, Kapolres menyebutkan, ini merupakan bentuk pelayanan Polres Purwakarta beserta jajarannya dalam rangka menjaga kondusifitas Kamtibmas di wilayah Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

"Ini bentuk pelayanan Polisi Purwakarta kepada masyarakat, tentunya ini untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat saat beribadah baik di Masjid, Gereja dan Viahara," jelas Kapolres.

"Sehingga Polisi Purwakarta dapat memberikan rasa aman bagi setiap pemeluk agama untuk melaksanakan kegiatan agamanya," tambahnya.

Meninggung soal pengamanan gereja sendiri, AKBP Edwar Zulkarnain mengatakan, pihaknya akan melakukan pemeriksaan dari jemaatnya terlebih dulu.

"Intinya itu, kita sama-sama saling waspada dulu. Dari pengamanan juga kita dibantu dari pihak gereja itu sendiri dan pengamanan kita lakukan terbuka dengan berseragam lengkap, sehingga membuktikan semua itu dalam pantauan kami," pungkasnya.


Media KIM Kabupaten Purwakarta
Editor: Abdar