Gelar Riksus di Bulan Ramadhan, 10 Unit Motor Terjaring Polsek Jatiluhur


Purwakarta
 - Kepolisian Sektor (Polsek) Jatiluhur, Polres Purwakarta menggencarkan pemeriksaan khusus (Riksus) terhadap kendaraan yang memakai asesori tidak standar, seperti knalpot brong atau knalpot racing, di bulan Ramadhan 1444 Hijriyah sebagai upaya untuk menciptakan kenyamanan bagi masyarakat yang melaksanakan ibadah di bulan suci.

“Kegiatan ini kami lakukan sebagai upaya menciptakan suasana yang lebih kondusif di masyarakat,” kata Kapolres Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain melalui Kapolsek Jatiluhur, Kompol Dandan Nugraha Gaos, pada Minggu, 9 April 2023, dini hari.

Dandan menjelaskan, kegiatan yang digelar pada Sabtu, 8 April 2023 petang hingga Minggu, 9 April 2023 dini hari, pihaknya telah mengamankan sedikitnya 10 unit knalpot brong dari pengguna kendaraan roda dua yang terjaring petugas saat dilakukan Riksus dan operasi penertiban.

"Knalpot brong atau knalpot tidak standar tersebut, saat ini telah diamankan di Kapolsek Jatiluhur dengan harapan agar knalpot yang menyebabkan suara bising tersebut tidak lagi digunakan," ucapnya.

Dandan mengatakan pihaknya akan terus melakukan kegiatan serupa terhadap pengendara sepeda motor yang menggunakan knalpot brong, sehingga pemilik kendaraan tidak lagi menggunakan knalpot yang tidak standar.

"Riksus atau operasi khusus yang dilakukan Polsek Jatiluhur ini dilakukan pada waktu tertentu, sehingga diharapkan kenyamanan bagi masyarakat yang beribadah di bulan suci Ramadhan akan semakin lebih baik dan kondusif," jelas Dandan.

Selain Riksus knalpot, sambung dia, pihaknya juga turut melakukan pemantauan di jalan raya guna menghindari aksi balapan liar yang dapat menyebabkan kecelakaan bagi pengendara, maupun pengguna jalan raya lainnya.

"Seperti arahan Pak Kapolres Purwakarta, Riksus knalpot brong yang dilakukan ini, sebagai upaya mencegah terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat. Kita berharap melalui penertiban ini, situasi di masyarakat lebih nyaman dari gangguan saat beribadah di Ramadhan," kata Dandan.

Kapolsek mengimbau kepada masyarakat agar tidak menggunakan knalpot yang tidak standar, karena hal tersebut dapat mengganggu masyarakat lainnya yang beribadah atau yang sudah beristirahat pada malam hari.

"Kegiatan ini merupakan upaya kami untuk menjaga kesucian bulan Ramadhan. Penindakan knalpot brong ini juga merupakan perhatian prioritas Pak Kapolres Purwakarta dalam rangka mewujudkan Purwakarta Zero Knalpot Brong. Maka dari itu, kami akan terus melakukan penertiban terlebih di Bulan Ramadhan," tegas Kompol Dandan Nugraha Gaos.


Media KIM Kabupaten Purwakarta
Editor: Abdar