Warga Lebakanyar Pasawahan Purwakarta Peringati Isra Mi'raj 1444 H


Purwakarta
- Warga Desa Lebakanyar menggelar acara peringatan Isra Mi'raj 1444 H, Selasa (14/2/2023) malam.

Sebelum acara inti dimulai panitia Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) menampilkan kereasi anak" pengajian masjid Daru'rohman RT 01/ RW 01 dengan menampilkan Hadroh

Kegiatan tersebut berlangsung di Halaman Masjid Jami Darurrohman Kp Krajan RT 1 RW 1 Dusun 1 Desa Lebakanyar Kecamatan Pasawahan Kabupaten Purwakarta dengan tema “ MENELADANI AKHLAK RASULLAH SAW SEBAGAI BEKAL PRIBADI YANG UNGGUL”. Peringatan Isra Mi'raj ini juga sekaligus pelantikan pengurus DKM Darurrahman masa bakti 2023-2026

Muhamad Sujana selaku ketua panitia mengucapkan banyak terimakasih kepada warga yang telah menyisihkan rezekinya dalam acara Isra Mi'raj.

"Mudah-mudahan amal kebaikannya dibalas oleh Allah SWT Amiin," ujarnya saat menyampaikan sambutannya, pada Selasa (14/2/23).

Sementara itu, Yuyun Rumsana Ketua DKM Masjid Jami Darurrohman juga menyampaikan program yang sudah berjalan saat ini adalah pendidikan anak dari mulai pembelajaran Iqro maupun Al Qur'an

"Untuk itu, saya mengajak bagi semua warga yang ada dilingkungan RT 1 RW 1, silahkan masuk," kata Yuyun.

Ditempat yang sama dalam sambutannya Gugun Gunawan selaku Kepala Desa Lebak anyar menyampaikan dirinya tidak akan mengulas tentang Isra Mi'raj karena sudah ada ahlinya, akan tetapi akan menyampaikan ialah program pemerintah diantaranya, PTSL atau sertifikat masal.

"Bagi bapak/ibu yang mempunyai lahan, kebun, tanah yang belum mempunyai sertifikat silahkan datang ke desa dengan membawa persyaratan KK,KTP dan SPPT," ujar kades dalam sambutannya.

Dalam peringatan Isra Mi'raj ini selain baca doa bersama, sholawat bersama juga menghadirkan penceramah kondang yaitu Ust. Dudus Abdurrahman, dalam isi ceramahnya menjelaskan bahwa, perintah Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW di saat itu untuk menjalankan shalat 50 waktu, tak seperti pada saat ini, dimana umat muslim kini menjalankan shalat itu hanya 5 waktu

"Asal perintah Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW ketika melakukan sesuatu perjalanan suci sehari semalam dari Masjidil Haram ke Mesjidil Aqsha, dikenal dengan istilah Isra Mi'raj," tutur sang penceramah.

Lanjut penceramah, kejadian ini merupakan salah satu peristiwa penting bagi umat Islam, karena pada peristiwa inilah Nabi Muhammad SAW mendapat perintah langsung dari Allah SAW untuk menunaikan Shalat lima waktu sehari semalam.


Media KIM Kabupaten Purwakarta
Reporter: Abun Bunyamin
Editor: Abdar