Karang Taruna Tegal Munjul Bersama PMI Menggelar Donor Darah


Purwakarta
- Karang Taruna Jaya Karta Kelurahan Tegal Munjul Kecamtan Purwakarta menggelar kegiatan donor darah untuk masyarakat di lingkungan Majelis Taklim Al hasanah bersama PMI Kabupten Purwakarta.

Kali ini kuota pendonor sebanyak 58 orang pendaftar dangan penyeleksian dari pihak PMI 36 orang yang lolos sebagai pendonor dan lanjut diproses uji cocok serasi.

Selain masyarakat, acara itu dihadiri oleh Lurah Tegal Munjul, Babhinsa, Babhinkamtibnas, dan Mantri Polisi, serta RT dan RW dan Karang Taruna Unit di Pemkel itu.

"Kegiatan donor darah ini menjadi agenda rutin dilakukan oleh Karang Taruna Tegal Munjul yang sekarang aktif kembali pasca pandemi Covid. Kami sebagai panitia di support oleh Karta Unit RW 01," ujar Ridwan Jauhari Muslim selaku Ketua Karang Taruna Kelurahan Tegal Munjul, Purwakarta, Minggu (20/11/22)

Pada kesempatan itu, Ridwan menyampaikan kepada jajarannya agar kembali menggenjot kegiatan sosial karang taruna.

"Saya sampaikan kepada Unit agar aktif kembali menggiat mendonor darah dan mengikuti kegiatan K3 di setiap unit dan juga kegiatan Rohani," imbuhnya.

Sementara itu, ditempat yang sama Sudaryono sebagai Humas Transfungsi Darah PMI yang bertugas dari tahun 2003 dalam acara bertema Peduli Lingkungan itu memaparkan berbagai manfaat donor darah.

"Kegiatan donor darah ini rill sekali manfaatnya dirasakan oleh masyarakat dalam membantu suplai bagi orang yang membutuhkan seperti pasien anak - anak dan ibu melahirkan dengan cesar," katanya.
 

Dalam hal ini tentu PMI membantu Dinas Kesehatan Kabupaten Purwakarta untuk stok kebutuhan darah juga masyarakat pendonor darah.

"Pasca pandemi PMI kembali optimalkan kegiatan donor darah kepada beberapa komunitas juga yang Insya Allah stok untuk Kabupaten Purwakarta aman. Dan pendonor juga mendapatkan kesehatan karna membatu metabolisme organ-organ dalam tubuhnya," ulas Sudaryono.

Sudaryono menambahkan PMI memberikan fasiliatas gratis pelayanan kesehatan berupa tensi darah dan konsultasi darah serta snack yang berisi susu kemasan, bubur kacang kemasan, dan vitamin.

Media KIM Kabupaten Purwakarta
Kontributor: Wif