Hujan Deras, Warga Kecamatan Sukasari Diminta Waspada Terhadap Potensi Bencana


Purwakarta
- Wilayah Kecamatan Sukasari, Kabupaten Purwakarta, rawan bencana longsor dan pergeseran tanah, pasca diguyur hujan deras sejak beberapa hari kemarin dari siang hingga malam.

Pembina Komunitas Pecinta Alam Sukasari (Komp@s) Kabupaten Purwakarta, David, mengatakan dalam beberapa hari terjadi banyak titik wilayah yang rawan bencana alam yang terjadi di Kecamatan Sukasari, Kabupaten Purwakarta. Jenis bencana yang harus diwaspadai mulai dari tanah longsor hingga pergerakan tanah. Akibatnya sejumlah jalan retak dan ambles, serta pohon tumbang.

“Setidaknya ada tiga desa yang mempunyai kerawanan bencana alam tersebut, yakni di Desa Ciririp satu titik di Kampung Tegal Petey. Di Desa Kertamanah ada dua titik di Kampung Bihbul dan Kampung Madang. Sementara di Desa Kutamanah ada tiga titik, yakni di Kampung Ciputat, Kampung Baras dan Kampung Pasir Heas,” ucap David, saat ditemui pada Senin (31/10/2022).

David mengimbau warga untuk waspada terhadap bencana, pihak pemerintah Kecamatan Sukasari terus memberikan rambu di setiap titik rawan bencana.

“Kami mengimbau masyarakat tetap waspada, karena diprediksi cuaca ekstrem masih terjadi. Masyarakat diminta untuk tetap mewaspadai potensi dan risiko bencana dengan mempersiapkan mitigasi bencana di wilayah masing-masing. Mudah-mudahan tidak ada bencana alam yang terjadi di Kecamatan Sukasari,” pungkasnya.


Media KIM Kabupaten Purwakarta
Reporter: Firdaos (KIM Kecamatan Sukasari)