Pawai Keliling Desa, Cara Pemdes Sukasari Peringati Hari Santri Nasional


Purwakarta
- Memeriahkan Hari Santri Nasional (HSN) yang jatuh pada tanggal 22 Oktober 2022, warga dan Pemerintah Desa Sukasari, Kecamatan Sukasari, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat menggelar pawai keliling desa, Jum'at (21/10/2022) malam.

“Pawai keliling desa ini kami awali dari kantor desa Sukasari dilanjutkan menyusuri jalan desa kami," kata Cece Saripudin selaku kepala Desa Sukasari.

Menurutnya, kegiatan pawai keliling desa dilakukan untuk memeriahkan Hari Santri Nasional. Selain itu, kegiatan ini adalah momen paling dinantikan semua masyarakat, terutama masyarakat Desa Sukasari sendiri.

"Semangat dan selamat hari santri,” ucap Cece Saripudin..

Sementara itu, salah seorang tokoh agama H. Muhajir yang ikut mendampingi kegiatan pawai, mengungkapkan, bahwa sepanjang perjalanan, seluruh peserta yang ikut pawai dengan semangat melantunkan lagu-lagu bertemakan hari santri, lagu Islami dan shalawat.

"Mereka sangat antusias mengikuti kegiatan semacam ini, bahkan ide mengadakan pawai ini salah satunya juga muncul dari warga dan pemerintah desa tentunya," terangnya.
 

Senada dikatakan 
H. MuhajirSigit yang juga tokoh pemuda mengatakan, tdak ada satupun dari peserta pawai yang mengalami kelelahan, meskipun pawai dengan berjalan kaki.

"Hal ini karena semangat kebersamaan dalam melaksanakan kegiatan, sehingga mereka tidak kelelahan," ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua MUI Kecamatan Sukasari Ust. Ahmad Mulyana 
turut mengapresiasi kegiatan tersebut. 

Menurutnya, banyak hal positif yang bisa menjadi contoh masyarakat sekitar seperti akhlak dan kegigihan kaum santri memperjuangkan kemerdekaan Indonesia melawan penjajah.

"Meskipun kegiatan ini diadakan sederhana dengan peserta yang tidak terlalu banyak, namun diikuti dengan penuh semangat. Banyak nilai-nilai positif yang dapat diambil, artinya ada poin positif untuk dilaksanakan di setiap tahun perayaannya. Selamat Hari Santri Nasional," jelasnya usai pawai keliling desa menjelang Hari Santri Nasional di Desa Sukasari, Purwakarta. 


Media KIM Kabupaten Purwakarta
Kontributor: Firdaos (KIM Kecamatan Sukasari)