Posyandu Peduli Lansia, PPK Kecamatan Pasawahan Libatkan Ibu-ibu Pengajian


Purwakarta
- Agar memudahkan
 diterima para lansia dan tepat sasaran, PKK Kecamatan dan Puskesmas Pasawahan gandeng Majlis Taklim Nur Mubarok dalam program Pos Pembinaan terpadu (posbindu).

Posbindu lansia bersamaan dengan pengajian rutin ini diadakan setiap bulan ioleh bu-ibu Desa Kertajaya, bertempat di RT 14 Rw 05, tepatnya di kediaman Hj Dede, pada Sabtu, 3 September 2022.

Menurut Hj Dede selaku Ketua Majlis Taklim Nur Mubarok, kegiatan ini melibatkan ibu-ibu majelis taklim dari 23 RT di Desa Kertajaya. 

"Pengajian ini diikuti oleh lansia dari dusun 1 sampai dusun 4," ungkap Hj Dede.

Siti Suryati, selaku perwakilan dari Puskesmas Pasawahan menuturkan, Posbindu ini identik dengan pengajian, agar memudahkan diterima para lansia dan tepat sasaran.

"Jadi jika ingin program posbindu ini berjalan, jadi kita ikut ke dalam pengajian yang ada di desa-desa itu," jelas dia.

Ia menjelaskan, Posyandu Peduli lansia ini memiliki program intelek yaitu integrasi lansia ekonomi kreatif. 

"Selain para lansia di sini mengadakan acara pengajian rutin, mendapatkan pelayanan dan mengecek kesehatan penyakit tidak menular lainnya," papar dia.

Sementara itu, Iis Aisyah Helmi, selaku Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Pasawahan juga sebagai penasihat majelis taklim al-hidayah. para lansia yang hadir pun mendapat himbauan darinya.

"Lansia di sini diharapkan mendapatkan keterampilan, baik itu kerajinan tangan maupun olahan tangan. Jadi para lansia di masa tuanya tetap berkarya. Meskipun hasilnya nanti tidak dijual, minimal bisa digunakan sendiri, kalau makanan untuk dimakan sendiri," paparnya.
 

Terlebih, Iis juga menambahkan, sebelumnya berhasil mendapat juara di lomba Posyandu tingkat Kabupaten, Desa Kertajaya pun terpilih untuk mewakili tingkat Provinsi.

"Minggu ke 2 & 3 bulan September Desa Kertajaya terpilih untuk mewakili lomba Posyandu Kabupaten Purwakarta tingkat provinsi Jawa barat. Dengan membawa inovasi baru, seperti tadi yakni pospelan (posyandu peduli lansia) dan intelek (integrasi lansia ekonomi kreatif)," pungkasnya.


Media KIM Kabupaten Purwakarta
Kotributor: Dini (KIM Kecamatan Pasawahan)