Dukung SDM Handal Menuju Smart City, Diskominfo Purwakarta Gelar Jambore Operator TIK

Kepala Bidang Aplikasi Informatika (Aptika), Yus Djunaedi Rusli

Purwakarta
- Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Purwakarta menggelar jambore operator TIK se-Kabupaten Purwakarta di 
Bumi Perkemahan Cijalu Resort Jl. Curug Cijalu, Cipancar Serangpanjang, Subang - Jawa Barat.

Adapun tujuannya, untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang cerdas atau smart government yang sejalan dengan implementasi Smart City Kabupaten Purwakarta diperlukan dukungan Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal.

Kegiatan tersebut berlangsung selama dua hari dari tanggal 8-9 Juni 2022, dengan ikuti oleh para peserta dari operator IT dari tiap-tiap OPD dan kecamatan.

Menurut Kadis Kominfo Purwakarta yang diwakili oleh 
Sekretaris Dinas mengatakan, peningkatan kapasitas SDM ini, peserta akan di beri ilmu tentang tata cara jurnalis, tahapan IOS, dan editing video.

"Di era modern ini kita harus bisa menyesuaikan dengan era digital saat ini," kata Nurfalah, Kamis (09/06/2022).

"Mudah-mudahan setelah kegiatan ini semua operator IT mendapatkan ilmu sehingga bisa diterapkan di masing-masing OPD," sambung Sekdis Kominfo Purwakarta.

Ditempat yang sama, Kepala Bidang Aplikasi Informatika (Aptika), Yus Djunaedi Rusli mengatakan, Diskominfo mengadakan kegiatan jambore IT se-kabupaten Purwakarta di alam terbuka selama dua hari. 
Konsepnya adalah pelatihan TIK dengan disisipkan kegiatan tambahan berupa camping dan tim building sebagai upaya membangun kekompakan antar Operatoar TIK

"Pertama, seluruh peserta operator IT terjadinya peningkatan kapasitas SDM, khususnya dari sisi jurnalis nya untuk mengisi website dengan konten-konten yang dibuatnya. Kedua, m
ampu mengatasi troublehootting kerusakan mengenai sistem komputernya. Ketiga, meraka bisa melakukan aktivitas kegiatan video conference. Dan terakhir membuat video editing, semua itu sangatlah penting," papar Yus kepada para peserta yang hadir.

Untuk kegiatan itu, lanjut dia, Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta terus konsisten dalam upaya peningkatan SDM yang baik.

"Saya berharap setelah kegiatan ini, operator IT bisa mengaplikasikan di OPD nya masing- masing. Mari kita memanfaatkan ilmu yang kita miliki di bidang IT ini, sehingga mendorong kita menjadi kabupaten yang mampu berdaya saing,” ungkapnya. 


Media KIM Kabupaten Purwakarta
Reporter: Ade Suhada
Editor: Abdar

Ikuti berita-berita KIM ter-update lainnya di Google News