Kukuhkan Pimpinan Baznas Purwakarta, Begini Harapan Bupati Anne Ratna Mustika


Purwakarta
- Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika melantik lima pimpinan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Purwakarta, b
ertempat di Bale Sawala Yudhistira, Rabu 16 Maret 2022

Rika Ristiawati ditunjuk sebagai Ketua Baznas untuk periode 2022-2027, untuk Waka I Bidang Pengumpulan; Edwar Syah, Waka II Bidang Pendistribusian; Andri Hendrawan, Waka III Bidang Keuangan; Saparudin dan Waka IV Bidang SDM dan ADM; Yudi Sirojudin.

Menurut Ambu Anne sapaan akrabnya Bupati Purwakarta, pelantikan pimpinan Baznas Purwakarta berdasarkan surat Keputusan Bupati Purwakarta Nomor: 451.7/Kep.74-KESRA/2022 Tentang Susunan Ketua dan Wakil Ketua Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Purwakarta Periode 2022-2027.

"Saya menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada pimpinan pansel pimpinan Baznas Purwakarta yang telah bekerja sejak beberapa bulan yang lalu. Mulai dari proses perekrutan pemilihan dan kemudian penetapan ketua serta komisioner Baznas Kabupaten Purwakarta," ucap Ambu Anne.

Bupati Purwakarta berharap Baznas dapat menjadi penggerak penyelesaian berbagai permasalahan sosial di masyarakat. Termasuk mendorong perekonomian bagi masyarakat yang kurang mampu.

"Ini akan menjadi solusi, nanti dibantu oleh Baznas Kabupaten Purwakarta. Saya selaku Bupati siap untuk mendukung dan mendorong seluruh program yang sudah dicanangkan oleh jajaran pimpinan Baznas Kabupaten Purwakarta untuk lima tahun kedepan. Pemda Purwakarta siap memfasilitasi program Baznas," kata Ambu Anne.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Purwakarta juga menerima penghargaan sebagai Tokoh Penggerak zakat Nasional dari Baznas Republik Indonesia.

Sementara, Pembina Wilayah II Baznas RI, Rizaludin Kurniawan dalam keterangannya mengatakan, PR penanggulangan kemiskinan Pemerintah Daerah merupakan PR Baznas juga.

"Jika pemerintah daerah ada program penanganan kemiskinan maka Baznas wajib hadir dan berkontribusi, karena itulah amanat dan tugas dari Undang-undang Zakat Nomor 23 tahun 2011," kata Rizal.

Menurutnya, ada dua manfaat zakat, yang pertama agar memanfaatkan secara efektif dan efesien dana yang terkumpul, kedua agar memberikan manfaat yang besar kepada kesejahteraan masyarakat dan penanggulangan kemiskinan.

Sementara, Ketua Baznas Purwakarta terpilih, Rika Ristiawati, berharap dukungan Pemerintah Daerah dan stakeholder terus membantu kemajuan Baznas Purwakarta, sehingga dapat berperan maksimal dalam membantu pemerintah untuk mensejahterakan masyarakat melalui program pengentasan kemiskinan. (Red)


Editor: Abdar