Kadis Kominfo Purwakarta: KIM Harus Jadi Mitra Baik Pemerintah


Purwakarta
- Pengurus Forum Komunikasi Kelompok Informasi Masyarakat (FK-KIM) menjalin silaturahmi sekaligus 
menyerahkan surat keputusan (SK) kepengurusan FK-KIM Kabupaten Purwakarta, Jum'at (18/3/2022), di Aula Ogan Lopian komplek Pemkab Purwakarta.

Dalam pertemuannya, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kadis Kominfo) Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat, Rudi Hartono, S AP, berharap agar Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) untuk dapat meningkatkan kemitraan dengan pemerintahan, mulai dari Dinas-dinas/OPD, desa dan pihak manapun.

"Kami berharap kerjasama yang baik dapat ditingkatkan lagi, kedepannya saya akan mengembalikan marwahnya Diskominfo Kabupaten Purwakarta sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya (tupoksi) Diskominfo," harap Kadis, ketika ditemui oleh Reporter Media KIM Kabupaten Purwakarta, Jum'at (18/3/2022).

Menurutnya, kehadiran KIM di dunia informasi sangat penting untuk menjembatani kepentingan masyarakat dan pemerintahan ataupun sebaliknya dengan informasi yang bagus

"Penerapan Undang Undang No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Aplikasi dari Komisi Informasi diturunkan dalam PERKI No. 1 Tahun 2010 dan PERKI No. 1 Tahun 2021 tentang Standar Layanan Informasi Publik," jelas dia.
 

Sementara itu, ditemui terpisah, Ketua FK-KIM Kabupaten Purwakarta, Deden Alhudaeni, S.Pd menyebutkan, setelah organisasi KIM ini menerima surat keputusan (SK) pihaknya akan bersinergi dengan pemerintahan, baik itu di tingkat Dinas-dinas/OPD, Pemerintahan Desa dan swasta.

"Kami akan bersinergi dengan berbagai kalangan, sesuai dengan konsep KIM itu sendiri, yakni informasi dan menyeimbangi informasi hoaks di masyarakat," ungkap Deden Bolang, sapaan akrabnya Ketua terpilih FK-KIM Kabupaten Purwakarta, masa bakti 2022-2024 itu.


Media KIM Kabupaten Purwakarta
Reporter: Abun Bunyamin
Editor: Yusup Bachtiar