Jadi Tempat Wisata Alternatif Warga, Situ Desa Karangmukti Bakal Ditebari Ribuan Bibit Ikan Nila dan Patin


Purwakarta
- Situ Jayalaksana yang berada di Sukajadi RT 07/04 Desa Karangmukti, Kecamatan Bungursari, Kabupaten Purwakarta ini sebagai tempat wisata alternatif warga.

Dalam rencananya situ tersebut akan ditebari ribuan bibit ikan oleh Pemda Purwakarta, melalui Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Purwakarta.

"Mudah-mudahan saja sebelum puasa ini akan ditebari benih ikan nila dan bibit ikan patin. Banyaknya bibit ikan patin 30 ribu ekor dan 30 bibit ikan nila," jelas salah seorang perwakilan dari Dinas Perikanan Kabupaten Purwakarta, pada saat sedang di Situ Jayalaksana Karangmukti, Kamis (10/2/2022) pagi.

Baca juga: Hadapi Gelombang Ketiga Omicron, Begini Langkah Pemkab Purwakarta

Sementara itu, Situ tersebut menurut Kades Karangmukti H. Endin Jaenudin, kedalamannya 1,5 meter hingga 75 cm.

"Saat ini diisini terdapat ikan nila, lele dan gabus namun masih kecil kecil," ucap Kades Endin kepada para warga yang memanfaatkan ikan disana.
 

Endin menambahkan, lokasi tersebut, dijadikan sebagai tempat wisata alternatif warga, dan merupakan aset milik Pemda Purwakarta dan kini dikelola oleh Pemerintah Desa Karangmukti.

Baca juga: Mantap! Karang Taruna Pasawahan GERCEP Bantu Perbaiki Jalan Amlas di Desa Margasari

Sementara itu menurut Kaur Kesejahteraan Desa Karangmukti, Yusup Maulana menyebutkan, setiap hari di Situ tersebut merupakan tempat bersantai warga.

"Kebanyakan orang datang kesini untuk bersantai," ucap dirinya, menutup kata.

Media KIM Kabupaten Purwakarta
Reporter: Yusup Bachtiar