Camat Kiarapedes Sarankan Optimalisasikan BUMDes Jadi Tempat Membayar Pajak


Purwakarta
- Camat Kiarapedes, Drs. H. Diaudin, M.Si., menyarankan Pemerintah Desa Ciracas Kecamatan Kiarapedes untuk mengoptimalisasikan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dalam rangka memudahkan masyarakat desa membayar pajak.

Hal tersebut disampaikannya Camat Kiarapedes dalam Musyawarah Desa (Musdes) Penetapan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) Ciracas, Jumat (31/12/2021).

Menurut H. Diaudin, melihat jauhnya jarak Desa Kiarapedes dengan lokasi tempat pembayaran pajak terdekat, yaitu di Bank BJB yang berada di Kecamatan Wanayasa.

Selain memudahkan masyarakat membayar pajak, BUMDes juga berpotensi mendapatkan keuntungan sebagai loket pembayaran.

"Jauh-jauh ka (Bank) BJB, mending ka BUMDes pak! Kauntungan BUM Desa oge ngkin uih deui ka masyarakat desa," kata H. Diaudin.

Ia menambahkan, kemajuan BUMDes akan menjadi keuntungan jangka panjang bagi masyarakat desa. 

"Sudah banyak contoh, bagaimana BUMDes sudah mampu memberikan Pendapatan Asli Desa (PADes) yang besar," ucap dia.

Oleh karena itu, kemajuan BUM Desa bisa menjadi usaha kemandirian desa. Dengan PADes yang besar dan kontinyu, maka desa tidak akan lagi bergantung pada anggaran yang diberikan oleh Pemerintah Pusat atau Pemerintah Daerah.

"Dimana lamun geus euweuh Dana Desa oge, urang teh (Desa) moal ringrang, sabab geus bisa nyukupan APBDes na sorangan," ujar H. Diaudin.

Menyinggung mengenai program Stunting, menurut H. Diaudin program dari pemerintah pusat ini berorientasi untuk kemajuan dan peningkatan kualitas manusia Indonesia di masa depan. 

Media KIM Kabupaten Purwakarta
Reporter: Enjang (KIM Kecamatan Kiarapedes)