WCD Dangdeur Untuk Dunia


Purwakarta
- World Clean'up Day (WCD) tahun 2021 dari Purwakarta Jawa Barat untuk dunia, aksi sosial yang dilakukan oleh warga di sekitar kabupaten istimewa ini memang tergolong luar biasa. Mereka warga di (seluruh Desa) melakukan bersih-bersih di mulai dari lingkungan sekitar perkampungan hingga sampai ke jalur protokol.

Salah satu aksi yang dilakukan oleh warga di jalur alternatif menuju ke arah Kota Bukit Indah (KBI/BIC) Cikopak ini misalnya, di sini mulai dari tokoh masyarakat, RT RW, anggota Linmas, aparatur Desa, Bhabinkamtibmas dan Babinsa ikut terlibat dalam kegiatan aksi sosial ini.

Menurut pengakuan Pj Kades Dangdeur Asep Faturahman, SE, kepada Reporter Media KIM Kabupaten Purwakarta mengatakan, pihaknya melibatkan seluruh unsur yang ada di Desanya untuk melakukan kegiatan WCD ini.

"Pertama dimulai dari lingkungan depan kantor desa, kemudian dilanjut ke jalur alternatif BIC Cikopak, tepatnya di kampung Cisalak Desa Dangdeur. Semua unsur perangkat desa mulai dari Dusun RT RW Linmas.. Babinkantibmas kader PKK ikut kegiatan ini," jelas Fatur sapaan akrabnya Pj Kades Dangdeur, tersambung melalui WhatsApp messenger.

Masih menurut dia, selain aksi sosial bersih-bersih lingkungan, desa-desa di sekitar Kecamatan Bungursari, melaksanakan membentangkan spanduk WCD di mulai dari Jumat - Sabtu, 17-18 September 2021 serentak pada pukul 07.00 s/d selesai, Melaksanakan Gerakan Kebersihan, Pemilahan Sampah dan Penimbangan Hasil Penilaian Sampah di setiap Rumah Lingkungan sekitarnya, untuk pelaksanaannya agar bekerjasama dengan Bank Sampah / TPS 3R.

"Intinya diharapkan kepada seluruh warga masyarakat agar sadar akan tingkat kebersihan lingkungan, dengan tidak membuang sampah sembarangan serta diharapkan agar dapat memilah dan memilih sampah sebelum di buang ke TPS," harapannya. 

Media KIM Kabupaten Purwakarta
Reporter: Yusup Bachtiar