Sasar Vaksinasi di Tiga Desa, Puskesmas Pasawahan Akan Maksimalkan 1600 Dosis


Purwakarta - Jadwal terakhir serbuan vaksinasi, Puskesmas Pasawahan (Puspa) Kabupaten Purwakarta Provinsi Jabar, akan maksimalkan 1600 dosis vaksin.

Kepala Puskesmas Pasawahan, dr. Ratna Dewi MM menuturkan, untuk di Kecamatan Pasawahan pada hari ini Sabtu (7/8/2021), dosis vaksinasi Covid-19 dialokasikan di tiga Desa.

"3 desa tersebut, Ciherang, Pasawahan Anyar dan Cidahu," ujar Dewi, ketika ditemui oleh reporter Media KIM Kabupaten Purwakarta, Sabtu (7/8/2021) disela-sela vaksinasi terakhir.

Masih kata dr. Ratna, untuk saat ini sasaran vaksinasinya adalah kepada warga yang berusia antara 18-45 tahun. 

"Jadi kami memohon maaf kepada warga yang berusia di atas 45 tahun apabila tidak dapat kami layani. Ini disebabkan melalui perhitungan yang cukup matang dan ini merupakan keputusan dari pihak Pemerintah Provinsi Jawa barat, melalui Dinas kesehatan Provinsi," jelas Kepala Puskesmas.

Sejauh ini, kami telah melakukan vaksinasi di Kecamatan Pasawahan sudah mencapai 10 persenan. 

"Sebab di Puspa sendiri terus terang saja, kekurangan dosis vaksin, dan hal itu sudah kami sampaikan kepada Dinas Kesehatan Purwakarta. Pada saat ini kami telah menerima sebanyak 1600 dosis vaksin berjenis AstraZeneca," terangnya.

dr. Ratna Dewi berharap kepada para warga agar dapat terlayani dalam program serbuan vaksinasi terakhir ini, dan pihaknya akan memaksimalkan vaksin yang diterima oleh Puskesmas Pasawahan.

"Vaksin Aztrazeneca bukannya beresiko tinggi. Akan tetapi Puspa merupakan Puskesmas pertama yang baru pertama kali menggunakan vaksin AstraZeneca, maka untuk saat ini lebih diprioritaskan ke usia >18 th - 45 tahun. Waktu hari selasa kemarin, banyak yang berusia 17 tahun dan juga banyak orang tua kita berikan vaksin AstraZeneca, Alhamdulillah aman aman saja," tuturnya.

Akan tetapi, lanjut dia, ini merupakan instruksi dari Provinsi, saat ini AstraZeneca itu lebih di prioritaskan yang berusia 18 s/d 45 tahun. 

"Sementara di saat di Purwakarta vaksin Sinovac kosong, yang kita terima adalah jenis vaksin AstraZeneca dan kita juga mendapatkan bantuan dari Rumkitbang, sehingga cakupannya persentasi dosis I > 10 % dr target (35.000) dan blm termasuk yang divaksin Minggu ini," katanya.

Sementara itu menurut Kades Ciherang, Rukmawijaya yang hadir dalam serbuan vaksinasi itu menambahkan, untuk desanya sendiri mendapatkan jatah vaksinasi sebanyak 150 dosis vaksin dan 100 dosis lainnya untuk Desa Pasawahan Anyar dan Desa Cidahu 100 dosis.

"Dengan usainya vaksinasi ini, mudah-mudahan saja tubuh warga dapat melawan virus Corona (COVID-19-red)," pungkas Kades Ciherang.

Media KIM Kabupaten Purwakarta
Reporter: Abun Bunyamin).
Editor : Yusup Bachtiar