Meriahkan HUT Kemerdekaan RI, Airsoftgun Rageum 717 Adu Tangkas dengan Kap 10


Purwakarta
- Banyak cara dilakukan untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI) yang ke-76. Ada yang berlomba panjaat pinang, tarik tambang, balap kelereng.

Di Purwakarta, komunitas Airsoftgun Rageum 717 Purwakarta memilih untuk memeriahkan kemerdekaan dengan adu ketangkasan peperangan. Kali ini, komunitas Airsoftgun Rageum 717 Purwakarta beradu ketangkasan sekaligus berlatih dengan melawan komunitas Kap 10.

Namun untuk melakukan semua ini, ada beberapa dasar yang perlu diperhatikan dalam permainan Airsoftgun atau bahasa kerennya peperangan (Skirmish), sebelum melakukan permainan yang sedang ngetren di akhir-akhir ini.

Penjelasan ini disampaikan oleh beberapa sumber, diantaranya adalah Sekjen Airsoftgun Rageum 717 Purwakarta, Edi Dana Koswara menyebutkan bahwa sasaran yang harus dilakukan adalah diluar kepala.

"Apabila kita terkena sasaran tembak, maka kita harus berteriak atau mengatakan hits di permainan ini. Jikalau ada yang kena sasaran tembak di bagian kepala tanpa kesengajaan, itu tidak masalah yang terpenting jangan sampai disengaja," ucapnya ketika di tanyai apa saja yang tidak diperbolehkan dan di perbolehkan dalam olahraga airsoft gun, di sela-sela latihan, Minggu (22/8/2021) di daerah Hergamanah, Kecamatan Babakancikao.

Sementara itu, M. Nurdin selaku pendiri komunitas Airsoftgun Rageum 717 Purwakarta menegaskan, di olahraga airsoftgun ini adalah menjujung tinggi nilai-nilai kejujuran dan sportivitas.

"Walaupun tidak merasakan sakit, apabila kita terkena sasaran tembak. Maka kita harus jujur berteriak menyebutkan hits sambil mengangkat unit, lalu keluar dari areana pertempuran. Dipermainan ini diharapkan kita tidak membahayakan bagi orang lain dan diri sendiri," katanya.

Hendrik, pembina Airsoftgun dari komunitas Kap 10 yang hadir dalam kesempatan tersebut menambahkan, ada empat prinsip dasar dalam permainan airsoftgun ini yang harus dijalankan.
 


"Yang pertama adalah responsibility, yaitu tanggungjawab kita terhadap unit atau rekan, jangan sampai kita melukai teman kita sendiri, dan jikalau ada teman kita yang terluka, maka kita harus bertanggungjawab. Kemudian yang kedua adalah smart; tau taktik bermain airsoftgun ini. Yang ketiga kalinya dalam hal ini adalah low profil, ketika berangkat dari rumah, senjatanya harus di cek terlebih dahulu kelengkapannya sebelum melakukan sukir. Selanjutnya yang terakhir yakni yang ke empat adalah kita akan mendapatkan kesenangan atau kata lain have fun," jelas Hendrik menutup kata.

Media KIM Kabupaten Purwakarta
Reporter: Abun Bunyamin