DPPKB Kabupaten Purwakarta Gelar Penyuluhan Pembinaan Calon Pengantin Remaja


Purwakarta
Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Purwakarta bekerjasama dengan Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Purwakarta lakukan penyuluhan dan pembinaan terhadap para remaja atau calon pengantin (catin) sebelum melangsungkan pernikahan.

Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan program GenRe (Generasi Berencana) dikalangan anggota pramuka remaja atau istilah akrabnya di dunia kepramukaan dengan sebutan 'Penegak'.

Menurut perwakilan pimpinan Satuan Karya Keluarga Berencana (Saka Kencana) Kwarcab Purwakarta Kwarda Jawa Barat yang juga menjabat sebagai Kepala Bidang (Kabid) DPPKB Kabupaten Purwakarta, Yani Swakotama berharap agar di setiap Kwartir Ranting (Kwarran) atau di Kecamatan dan tingkatan Kabupaten/ Kwarcab di Purwakarta untuk segera melakukan pembentukan pengurus ranting Saka Kencana.

"Dengan terbentuknya Saka Kencana di Kwarran hingga ke tingkat Kwarcab, diharapkan dapat mengedukasi generasi muda atau bahasa kerennya GenRe akan pentingnya pengetahuan tentang kehidupan pra berumahtangga. Nantinya mereka akan paham yang akan mereka lakukan setelah menikah nanti," ujardi Aula Sindangsari Plered, Jum'at (27/8/21).

Ia menambahkan, untuk saat ini para pesertanya dari perwakilan 6 Kecamatan para anggota pramuka penegak dan pandeg. Yaitu Kecamatan, Plered, Tegalwaru, Darangdan, Maniis, Jatiluhur, Pasawahan.

Ia menjelaskan, untuk itu pembentukan pengurus ranting Saka Kencana di Kabupaten Purwakarta dan tiap Kecamatan agar segera terbentuk kepengurusan.

"Peserta perwakilan tiap kecamatan, penengak putera 48 dan penegak puteri 38," ucapnya.

Dalam pelaksanaan tersebut panitia tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 secara ketat seperti menggunakan masker dan menjaga jarak.

Kontributor: Deden (KIM Kecamatan Plered)