Apabila Terjadi pengunduran Pilkades Serentak Di Purwakarta, Ini Yang Harus Dilakukan Panitia


Purwakarta
- Apabila terjadi terhadap perubahan jadwal pelaksanaan Pilkades serentak yang semula telah ditetapkan oleh Pemerintah Kabupaten Purwakarta, di Provinsi Jawa Barat, pada Rabu 25 Agustus 2021. Maka dalam hal ini yang akan disibukan adalah panitia pelaksana ditingkat desa.

Menurut pihak penyelenggara Pilkades tingkat Kabupaten Purwakarta, yang dalam hal ini adalah kewenangan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa (DPMD). Maka panitia tingkat desa dapat melakukan beberapa langkah yang harus dikerjakan.

"Apabila hal itu terjadi, tentu saja panitia yang sudah terlanjur mencetak surat undangan untuk para warga yang memiliki hak pilih dan tercatat sebagai calon pemilih harus ada perbaikan
," ujar Kabid Pemdes, Usep Sukandar, S.Sos, pada saat dikonfirmasi oleh reporter Media KIM Kabupaten Purwakarta, terkait hal persiapan menjelang pelaksanaan Pilkades, Senin (9/8/2021) di Desa Cibodas, Kecamatan Bungursari, Kabupaten Purwakarta.

Ia pun menjelaskan, panitia harus segera melakukan perbaikan terhadap surat undangan yang sudah terlanjur dicetak yang telah disepakati.

"Adapun dengan cara mencoret dan digantikan tanggal dan bulannya, menggunakan tipe-x dengan dituliskan tanggal dan bulan yang dimaksud," jelas dia.

Masih menurut dia, pada saat ini yang akan melaksanakan Pilkades serentak itu, bukan hanya di Purwakarta saja. Akan tetapi masih banyak di beberapa Kabupaten di Jawa Barat juga sama nasibnya dengan Purwakarta.

"Penundaan ini juga dialami oleh Kabupaten lain di Jawa barat, hal ini dikarenakan masih tingginya angka warga yang terpapar oleh COVID-19 itu sendiri," ucapnya.

Sementara itu lanjut dia, keputusan ini merupakan keputusan dari Kementerian dalam negeri, Kementerian kesehatan, yang tergabung dalam Satgas penanganan Corona virus. 

"Maka kami menghimbau kepada seluruh warga agar memahami hal ini," pinta Usep Sukandar, saat bersama dengan Sekdes Cibodas dan beberapa stafnya. 


Media KIM Kabupaten Purwakarta
Reporter: Yusup Bachtiar