Pemkab Purwakarta Mulai Lakukan Vaksinasi Warga Lansia

KIMPurwakarta.web.id
- Pemkab Purwakarta lakukan vaksinasi bagi warga lanjut usia (lansia) di Taman Maya Datar, Jumat 9 April 2021.

Kabupaten Purwakarta yang masuk dalam zona kuning penyebaran Covid-19 masih terus gencar dalam pelaksanaan vaksinasi, dengan sebelumnya menyasar ke tenaga kesehatan, tenaga pendidik dan pelayanan publik.

Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika menyampaikan vaksinasi untuk lansia masih berjenis sinovac dan baru diterima pada 8 April 2021 sebanyak 860 vial yang dibagi untuk dua kali penyuntikan.

"Tahap pertama untuk lansia kami menyasar lakukan vaksinasi 430 vial. Jika dimaksimalkan satu vial bisa untuk 9 atau 10 orang," katanya.

Menurutnya, vaksin yang diterima pada Kamis lalu, 60 persennya untuk lansia dan 40 persennya untuk tenaga pendidik atau guru. "Kenapa kami siapkan 40 persen untuk guru? Ya karena kami bersiap untuk membuka kegiatan belajar mengajar secara tatap muka sehingga perlu disiapkan guru-guru untuk divaksin," ujarnya.

Pelaksanaan vaksinasi terhadap lansia, Ambu Anne menyebut dilakukan secara bertahap dan pada hari ini dimulai penyuntikan vaksinasi kepada 50 orang di Taman Maya Datar Pemda Purwakarta. Sedangkan lainnya, bakal dilakukan di 20 Puskesmas dan rumah sakit yang memang telah ditunjuk untuk vaksinasi.

"Tahap awal itu kami menyasar sebanyak 2.580 orang. Namun, secara keseluruhan kami targetkan sebanyak 1,7 persen dari jumlah penduduk di Purwakarta berdasar data Badan Pusat Statistika (BPS). Vaksinasi untuk lansia kami harapkan bisa selesai dalam waktu lima hari," demikian Ambu Anne. 

Rilis: Diskominfo Purwakarta