Menko PMK Harap HKSN 2020 Jadi Momentum Perkuat Kesetiakawanan Sosial Hadapi Pandemi

Puncak Peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional Tahun 2020, di Manado, Sulawesi Utara, Sabtu (19/12/2020). (Foto: Humas Kemenko PMK/Kristian Suryatna)
KIMPurwakarta.web.id -
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) Tahun 2020 yang dilaksanakan di tengah pandemi COVID-19 menjadi momentum untuk memperkuat kesetiakawanan dan solidaritas sosial.

Hal itu dikatakannya saat menyampaikan sambutan mewakili Presiden Joko Widodo pada puncak peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional Tahun 2020, di Manado, Sulawesi Utara, pada Sabtu (19/12/2020).

“Melalui momentum Peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional Tahun 2020, saya mengharapkan kiranya dapat menggugah kesadaran kita bersama untuk menerapkan rasa kesetiakawanan sosial, peduli, berbagi, dan gotong royong dalam menanggulangi dampak COVID-19,” ujarnya.

Muhadjir meyakini, apabila nilai-nilai kesetiakawanan sosial dapat diterapkan dan dibudayakan dengan baik, maka seluruh tantangan dan permasalahan bangsa bisa dihadapi dengan baik.

“Saya yakin, apabila hal tersebut dilaksanakan secara bersama-sama dan menjadi budaya, maka kita akan dapat menghadapi tantangan dan permasalahan bangsa, bukan hanya dampak COVID-19, tapi juga permasalahan lainnya,” tuturnya.

Lebih lanjut, ia menegaskan, penanganan dampak COVID-19 bukanlah hanya menjadi tanggung jawab pemerintah. Namun menjadi tanggung jawab segenap elemen masyarakat Indonesia.

“Marilah, melalui peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional ini kita berlomba-lomba memberikan kontribusi bagi bangsa dan negara, sehingga bangsa Indonesia dapat mengatasi segala permasalahan yang ditimbulkan akibat dampak COVID-19. Mari kita lawan COVID-19 dengan menjadi pejuang kemanusiaan. Banyak yang dapat kita lakukan, dimulai dari diri sendiri, keluarga, lingkungan, dan tentunya untuk bangsa dan negara,” pungkas Menko PMK Muhadjir Effendy.

Sebagai informasi, puncak peringatan HKSN 2020 digelar di Gedung Mapalus Kantor Gubernur Sulawesi Utara, Kota Manado. Peringatan digelar secara luring dan daring. Secara luring di Kantor Gubernur diikuti oleh sekitar 150 orang, dan secara daring diikuti 5.000 orang. Acara diikuti oleh gubernur, wali kota, bupati, dan pilar sosial, LSM, organisasi sosial, generasi milenial, dan tokoh masyarakat.

Menyambut puncak peringatan HKSN Tahun 2020, berbagai kegiatan sosial telah dilaksanakan baik di Jakarta dan sekitarnya maupun di sejumlah tempat di Sulawesi Utara. Di antara kegiatan adalah penyaluran bantuan kepada masyarakat terdampak pandemi COVID-19 di Kota Bitung oleh Asia Moslem Charity Foundation (AMCF).

Peringatan HKSN Tahun 2020 juga menampilkan acara pameran yang dapat disimak secara virtual tanggal 18 s.d 20 Desember 2020 melalui website https://pameranksn.kemensos.go.id.

Rilis: Humas Kemenko PMK