Covid-19 Purwakarta, Tiga Orang Meninggal Dunia dan Sembilan Orang Sembuh

Juru Bicara GTPP Covid-19 Kabupaten Purwakarta, dr. Deni Darmawan
KIMPurwakarta.web.id
- Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Purwakarta melansir, secara kumulatif jumlah warga terkonfirmasi positif Covid-19 di wilayah tersebut hingga hari ini, Rabu 30 Desember 2020 mencapai 2.407 orang.

Namun, 1.839 orang diantaranya telah dinyatakan sembuh. Terjadi penambahan angka kesembuhan sebanyak 9 orang per hari ini.

"Hari ini, terjadi penambahan warga terkonfirmasi positif sebanyak 51 orang yang sembuh sebanyak 9 orang dan meninggal dunia 3 orang. Angka kematian hingga hari ini berjumlah 91 orang. Sedangkan untuk pasien konfirmasi positif aktif hari ini berjumlah 477 orang, bertambah 39 orang dibanding hari sebelumnya," kata Juru Bicara GTPP Covid-19 Kabupaten Purwakarta, dr. Deni Darmawan, Rabu (30/12/2020).

Berdasarkan kondisi tersebut tersebut, GTPP Covid-19 Kabupaten Purwakarta meminta masyarakat tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan dan tetap menjalankan program-program adaptasi kebiasaan baru yang berkaitan dengan perubahan perilaku seperti tak lupa Memakai masker, Menjaga jarak dan Mencuci tangan dengan sabun (3M).

Selain itu, terdapat data lainnya yang Deni sampaikan yaitu untuk warga yang berstatus kontak erat hari ini jumlahnya bertambah 28 orang, totalnya menjadi 619 orang. Dan warga yang berstatus suspek bertambah 17 orang, totalnya menjadi 237 orang, dan probable 1 orang.

Deni juga menghimbau masyarakat agar dapat melindungi diri sendiri dan membantu mencegah penyebaran virus covid-19 kepada orang lain. Dengan begitu dapat membantu melakukan langkah-langkah yang dianjurkan pemerintah.

"Sering-seringlah mencuci tangan. Bersihkan tangan secara rutin dan menyeluruh dengan alkohol atau cuci tangan menggunakan sabun dan air," kata Deni.

Selain itu, pakailah masker dan hindari menyentuh wajah. Tangan menyentuh banyak benda dan dapat mengambil virus. Setelah terkontaminasi, tangan dapat memindahkan virus ke mata, hidung, atau mulut. Hindari berjabat tangan dengan orang lain dan jaga jarak setidaknya 1 meter (3 kaki) diantara siapa saja yang batuk atau bersin.

"Jika merasa tidak sehat seperti demam, batuk dan sulit bernapas, minta bantuan medis dan teleponlah terlebih dahulu dan ikuti arahan tenaga medis," ujarnya. (*)

Rilis: Pemda Purwakarta