"Easy Bike" Sepeda Listik Ramah Lingkungan Buatan Mahasiswa Unpad

Sepeda listrik bertenaga surya “Easy Bike”
KIMPurwakarta.web.id - Tiga mahasiswa Universitas Padjadjaran (Unpad) mengembangkan gagasan sepeda listrik bertenaga surya. Menggunakan energi dari matahari, sepeda yang diberi nama “Easy Bike” tersebut diyakini lebih ramah lingkungan dibandingkan sepeda listrik lain yang saat ini beredar di pasaran.

Mereka adalah Mutiara Nawansari (Fakultas Matematika dan Imu Pengetahuan Alam), Lutfia Rahmannisa (Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan), dan Alamsyah Yahya Nugraha (Fakultas Ekonomi dan Bisnis), dengan dosen pembimbing Ferry Faizal, Ph.D dari FMIPA Unpad.


Karena memanfaatkan energi matahari, mereka pun menggagas untuk menempatkan beberapa stasiun pengisian daya atau charging station di lingkungan kampus.


“Di sini kami berupaya membuat charging station sendiri, yang dayanya diambil dari matahari. Jadi kami tidak mengunakan energi fosil,” ungkap Mutiara seperti dikutip dari siaran pers Humas Unpad, Kamis (01/10/2020).


Penelitian ini berangkat dari inisiasi Student Energy Chapter Unpad sejak tahun 2019, dimana Mutiara dan tim turut berpartisipasi aktif di organisasi tersebut. Dengan demikian, diharapkan penggunaan kendaraan bermotor di dalam kampus dapat dikurangi dan beralih menggunakan kendaraan yang ramah lingkungan.


Namun, kontur kampus Unpad memiliki banyak jalan menanjak, sehingga menjadi tantangan tersendiri bagi mahasiswa yang ingin bersepeda. Untuk itu, diharapkan sepeda listrik ramah lingkungan dapat menjadi solusi.


“Kami pikir, bagaimana caranya ketika naik sepeda tapi tidak capek saat menanjak. Di situ kami tambahkan motor. Ketika capai menggowes, kita nyalakan motornya. Jadi ini solusi untuk Unpad yang konturnya naik turun,” ujar Mutiara.(*)