-->

Cegah COVID-19, Pemkab Berikan Tindakan Preventif

Bupati Purwakata ketika memberikan sambutan
Purwakarta - Pengaruh COVID-19 terhadap pertumbuhan perekonomian nasional, khususnya di Kabupaten Purwakarta sangatlah besar.

Menurut orang nomor satu di Purwakarta
, Hj. Anne Ratna Mustika, S.E, yang akrab disapa Ambu Anne, diperkirakan ada sekitar 50 perusahaan-perusahan di daerah ini menjadi turun drastis. Selain itu pertumbuhan perekonomian di Indonesia pada saat ini akan mengalami kontraksi hebat.

"Perekonomian kini menjadi minus 5 persen lebih, pertumbuhan ekonomi pun menurun drastis," ujarnya Ambu Anne
 pada saat sedang menyerahkan bantuan paket sembako di enam Desa di wilayah Kecamatan Bungursari, Kamis (27/8/2020).

Sedangkan untuk di Kabupaten ini dari perhitungan nasional di prediksikan anjlok hingga mencapai ke dua persen. Kalau hal itu terjadi, maka dipastikan akan terjadi resesi ekonomi. 

"Langkah-langkah dari Pemerintah Daerah Purwakarta dalam hal menanggulangi hal ini, yakni melakukan pencegahan Prepentif dan akuratif," kata Ambu Anne.

Lebih lanjut Ambu Anne menambahkan, sementara ini untuk warga yang terkena Covid19 maka akan langsung kita isolasi dan di rawat juga berikan vitamin. Langkah selanjutnya, pihak pemerintah daerah membagikan masker dan sembako di bantu oleh para Camat, Kades dan warga serta di dukung sepenuhnya oleh TNI dan POLRI.

"Dukungan mengalir dari TNI POLRI, tak henti-hentinya, termasuk di dalamnya ada Pemerintahan Kecamatan, Pemerintahan Desa, hingga ketingkat RT RW," jelas Bupati ketika memberikan sambutan di Desa Ciwangi, Kamis (27/8/2020) pagi tadi.


Pada saat ini, Pemerintah Kabupaten Purwakarta melakukan kampanye kesehatan dan aksi pembagian masker juga sembako, tindakan ini sebagai salah satu cara atau tindakan preventif untuk mencegah terjangkitnya bahaya COVID-19 terhadap warga.

"Sebanyak 13 ribu masker sudah di bagikan kepada masyarakat. Kemudian pada hari ini pemerintah daerah Purwakarta kembali membagikan masker sebanyak 32 ribu masker yang juga di bantu TNI dan POLRI. Di targetkan kabupaten Purwakarta akan membagikan sebanyak 200 ribu masker. Sebagai upaya pencegahan Prepentif," papar dia.

Sementara itu bidang Kesejahteraan Sosial Pemerintah Daerah juga membagikan 140 paket sembako kepada warga, bantuan ini dari sembilan pintu. 


"Jumlah ini juga belum dirasakan seluruhnya oleh warga karena jumlah penduduk di Purwakarta ada sebanyak 300 ribuan. Bantuan tersebut lebih difokuskan kepada warga miskin atau pra keluarga sejahtera (KS)," pungkasnya.


Reporter: Yusup Bachtiar (KIM Kabupaten Purwakata)

Tags :

Created by: Admin

Kelompok Informasi Masyarakat Kabupaten Purwakarta - Ajaib (Akurat, Jaringan, Aktual, Informasi dan Berita)