Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Kabupaten Purwakarta Masa Pandemi, Pemerintah Cibodas Bungusari Galakkan Program Siskamling - KIM Purwakarta

Masa Pandemi, Pemerintah Cibodas Bungusari Galakkan Program Siskamling

Rapat Minggon Desa Cibodas Kecamatan Bungursari, Kabupaten Purwakarta
Purwakarta - Usai kegiatan rapat Minggonan, penjabat Kepala Desa Cibodas, Kecamatan Bungursari, Kabupaten Purwakarta, kunjungi Pos Ronda di wilayahnya.

PJ Kades Cibodas, Tato Kustaman Darmanto, BA menyebutkan bahwa pada saat ini di wilayahnya sedang menggalakkan program siskamling, guna menjaga serta meningkatkan keamanan dan mencegah terjadinya curat dan curas, serta mengantisipasi kejadian lainnya.

"Ya tadi seusai rapat Minggonan, saya bersama Sekertaris Desa, Kepala Dusun dan beberapa tokoh masyarakat, langsung meninjau pelaksanaan kegiatan siskamling," ujarnya kepada Media KIM Kabupaten Purwakarta, Jum'at (17/7/2020) dini hari tadi.

Lebih lanjut Tato menjelaskan dalam s
idaknya ke Pos Ronda di wilayahnya, di situasi seperti sekarang ini, perekonomian nasional sedang melesu. Sama halnya di daerah Purwakarta, dimasa pandemi Coronavirus melanda. Untuk itu langkah yang diambil oleh Pemerintahan Desa Cibodas, menggalakkan program Siskamling.

"Yang unik sekali di wilayah ini, warganya juga selalu menjaga tradisi kegotongroyongan. Apapun itu yang mereka lakukan, perlu di berikan apresiasi. Selain itu juga, yang mereka selalu jalankan yakni tradisi perelek (iuran sukarela) dan telah di sepakati bersama melalui rapat di setiap RW, dengan mengumpulkan uang 500-1000 rupiah, lalu di setorkan melalui di masing-masing pengurus RW nya. Lalu digunakan untuk kepentingan warga pula dikala ada yang sakit, meninggal dunia lalu untuk membeli kebutuhan kain kafan atau kelengkapannya, termasuk kelengkapan kebutuhan ATK dan portebel sound system (alat elektronik)," jelas Tato.
 
Tato Kustaman Darmanto. BA, Penjabat Kades Cibodas, saat sedang sidak ke wilayahnya.
Tato berharap dengan menggalakkan kembali siskamling ini semangat gotongroyong terus terjaga.


"Semoga saja kebiasaan yang dilakukan oleh para warga tersebut selamanya dijalankan, bukan hanya di masa kepemimpinan selaku penjabat Kades saja," harap Tato kepada warganya. 


Reporter: Yusup Bachtiar (KIM Kabupaten Purwakarta)

Tags :

Created by: Admin

Kelompok Informasi Masyarakat Kabupaten Purwakarta - Ajaib (Akurat, Jaringan, Aktual, Informasi dan Berita)