Sukseskan AKB di Jabar, TNI Kerahkan 3.400 Personil

Pangdam III/Siliwangi, Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto, saat rapat evaluasi Gugus Tugas Penanganan Covid-19 di Ruang Makodam III/Siliwangi
KIMPurwakarta.web.id - Tentara Nasional Indonesia (TNI) akan mengerahkan sekitar 3.400 personil se Jawa Barat dalam rangka pelaksanaan pengawasan kegiatan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB). 

Demikian dikemukakan Pangdam III/Siliwangi, Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto, saat rapat evaluasi Gugus Tugas Penanganan Covid-19 di Ruang Makodam III/Siliwangi, Selasa (02/06/2020).

Menurut Budi, jika jumlah personil dari TNI tersebut digabungkan dengan personil dari Polri dan Pemerintah Daerah (Pemda) dipastikan jumlahnya akan lebih banyak dan sangat mencukupi untuk mendukung dan membantu pelaksanaan AKB di Jawa Barat.


"Seperti kita ketahui bahwa kita sudah memasuki di era baru yaitu AKB di lingkungan Jawa Barat. Dalam rangka pelaksanaan AKB ini, TNI dan Polri diturunkan untuk mengawasi pelaksanaan kedisiplinan masyarakat," ucapnya.


Budi menyatakan, ada tiga hal yang harus diwaspadai, ditaati dan dilakukan oleh warga dalam kedisiplinan masyarakat untuk memutus penyebaran Covid-19, yaitu penggunaan masker, menjaga jarak dan selalu mencuci tangan.


"3 hal tersebut, ditempat-tempat keramaian tersebut akan dijaga oleh TNI dan Polri. Apa bila ada masyarakat yang tidak menggunakan masker maka diingatkan baik-baik, diberikan masker supaya kita sama yaitu sama-sama menggunakan masker," katanya.


Budi mengatakan, tempat-tempa keramaian, tempat ibadah, stasiun dan pasar perlu diwaspadai dan perlu kita disiplinkan, karena yang paling utama adalah penggunaan masker sesuai yang disarankan Gubernur Jawa Barat, Mochamad Ridwan Kamil.


"Mari kita semuanya dari TNI, Polri maupun Pemda baik dari Dishub dan Satpol PP mensosialisasikan sehingga kita dapat mengurangi perkembangan Covid-19 ini," pungkasnya.

Tampak hadir pada acara tersebut, Gubernur Jabar H.M. Ridwan Kamil selaku Komandan Satgas Gugus Tugas penanganan Covid-19 dan Kapolda Jabar Irjen Pol Rudy Sufahriadi, Forkopimda Prov. Jabar, pejabat Utama Kodam III/Siliwangi serta pejabat Utama Polda Jabar.



Sumber: Jabarprov.go.id