Inilah 5 Cara Siapkan Diri Menghadapi New Normal


KIMPurwakarta.web.id - Di era New normal menjadi kondisi terbaru yang mau tidak mau harus dijalani masyarakat dunia, tidak terkecuali Indonesia. Dengan adanya New normal yaitu kondisi masyarakat yang harus kembali beraktivitas usai Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), namun tetap memiliki kesadaran tinggi akan keselamatan agar tidak terpapar virus corona.

Lantas, bagi kamu yang akan segera kembali bekerja, sekolah, atau aktivitas lainya di luar rumah, perhatikan empat hal berikut ini yang harus dipersiapkan untuk menjalani new normal di Indonesia

Berikut beberapa yang harus dipersiapkan untuk menghadapi new normal, yang Kimpurwakarta.web.id rangkum dari beberapa sumber:

1. Harus Menerima Perubahan dan Menyesuaikan Diri

Untuk langkah awal dalam menghadapi new normal adalah menerima perubahan yang terjadi. Menerima perubahan yang terjadi dapat membuat seseorang lebih mudah untuk beradaptasi dengan lingkungan sekarang.

Dengan menerima perubahan yang dapat dilakukan adalah menyesuaikan diri dengan perubahan tersebut. Untuk menyesuaikan diri ini dapat dilakukan dengan cara melakukan hal-hal baru yang sesuai dengan perubahan. 


Salah satunya dengan belajar kemampuan baru karena new normal mengharuskan penggunaan teknologi atau membuat rutinitas baru. Dengan kata lain peralihan teknologi ke hal yang baru.

2. Selalu Menjaga Daya Tahan Tubuh atau Stamina Tubuh

Langka kedua, dengan menerima secara mental yang harus dipersiapkan ketika harus menjalani new normal, yaitu secara fisik. Fisik menjadi hal yang paling penting agar dapat berperang menghadapi virus corona. Saat fisikmu baik, tubuh akan membangun imun yang akan melindungi dari bahaya paparan virus.

Dengan mempersiapkan imun tubuh selama masa perubahan, bisa mengkonsumsi makanan yang bergizi dan vitamin khususnya vitamin C, agar imun tubuh selalu terjaga. Selain makanan, olahraga dan istirahat yang cukup juga mengambil andil dalam meningkatkan imun tubuh.

3. Selalu Gunakan Perlengkapan Keamanan Diri saat Bepergian

Untuk langkah selanjutnya, memastikan daya tahanmu terjaga dengan baik, langkah selanjutnya yaitu persiapkan perlengkapan keamanan saat harus keluar rumah. Bila harus bekerja atau belanja keperluan dapur, ada beberapa item yang harus kamu persiapkan, seperti jaket, masker, dan sabun cair atau hand sanitizer.

Namun harus dipastikan juga untuk selalu rutin mencuci tangan selama berada di luar. Bersihkan tubuh dan ganti pakaian saat kembali ke rumah.

4. Selalu Jaga Jarak di Tempat Umum

Untuk memastikan kamu selalu jaga jarak atau physical distancing. Berusaha dan sabar untuk tidak berkumpul saat berada di kantor, buat jarak dengan rekan kerja untuk kebaikan bersama. 


Namun harus pastikan juga kamu rutin mencuci tangan selama berada di luar serta membersihkan tubuh dan pakaian saat kembali ke rumah.

5. Selalu Sadar Akan Keselamatan Diri dan Orang Tersayang

Untuk yang terakhir persiapkan mental untuk melakukan aktivitas, namun dengan tetap memperhatikan panduan yang diberikan pemerintah secara baik. Dengan begitu kamu memiliki kesadaran yang kuat melakukannya untuk kebaikan diri sendiri dan orang-orang tersayang di sekitarmu.

Harus kita akui, kesadaran yang kuat untuk melakukan kebaikan pada diri sendiri dan orang-orang tersayang di sekitar, bisa membantu mengurangi potensi penyebaran virus corona.


Dengan begitu diri anda dan orang-orang sekitar akan terlindungi dan virus corona akan berkurang.


Penulis: Abdar (KIM Kabupaten Purwakarta)