-->

Musrenbang Sukatani Digelar Guna Mengekspresikan Aspirasi Masyarakat Perdesaan

Musrenbang Sukatani yang bertempat di Kantor Kecamatan Sukatani, Selasa (11/2)
Sukatani - Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Kabupaten Purwakarta menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Kecamatan yang bertempat di Kantor Kecamatan Sukatani, Selasa (11/2).

Musrenbang Kecamatan merupakan wadah sekaligus proses perencanaan pembangunan partisipatif dalam upaya untuk menangkap aspirasi dan kebutuhan masyarakat sesuai situasi, kondisi dan perkembangan terkini.


Diketahui, pelaksanaan Musrenbangdes/kel ini melibatkan seluruh Komponen masyarakat yakni Perangkat desa/kelurahan, Bamusdés, LPM, PKK, Bidan Desa, Kepala Sekolah TK, Paud dan Sekolah Dasar, Kader Posyandu dan Operator desa yang ada di masing-masing Desa/Kelurahan serta dihadiri oleh unsur dinas/instansi tingkat kecamatan.

Camat Kecamatan Sukatani, Plt. Hilman Nugraha, S.STP, yang sekaligus membuka secara resmi Musrenbang tersebut menyampaikan bahwa Pemerintah Kecamatan Sukatani memegang komitmen yang tinggi untuk semakin meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat.

"Hal ini dilakukan dengan semakin meningkatkan distribusi dan alokasi anggaran ke pemerintah bawahan termasuk kepada Pemerintah Kecamatan dan Pemerintah Desa," ujar camat.

Ia menambakan, pemerintah untuk kedepannya juga akan merumuskan pola dan mekanisme untuk semakin meningkatnya alokasi anggaran pembangunan ke pedesaan.

"Untuk setiap SKPD yang secara teknis berkaitan langsung dengan pembangunan di pedesaan, agar memberikan proporsi dalam mengalokasikan anggarannya untuk menyerap hasil Musrenbang Kecamatan ini," ungkapnya.

Hal senada yang diungkapkan Endang ZA, Kasi PMD Sukatani mengharapkan dan menekankan kepada seluruh komponen pembangunan, baik dari unsur desa, kecamatan, dinas,/badan/kantor maupun dari unsur legislatif untuk bersungguh sungguh memberikan sumbangan pemikirannya.


"Melalui forum Musrenbang Kecamatan ini dapat terjadi titk temu antara aspirasi masyarakat bawah," tutur Endang.

Tambah Endang, dengan kebijakan dan program pembangunan pemerintah yang mampu melahirkan output berkualitas dengan konsep “Simbiosis Mutualisme” (saling menguntungkan). 

"Namun ditegaskan juga tetap yang terpenting adalah adanya sinkronisasi dan sinergitas antar/inter program pembangunan yang nantinya mampu mengoptimalkan pemanfaatan potensi wilayah," ucap Endang.

Di kesempatan yang sama Tim Monitoring Ahmid (perwakilan Bapeda) menyampaikan proses Musrenbang tingkat kecamatan digelar, dibeberapa kecamatan serentak dengan target sampai bulan Maret 2020 nantinya ditampung melalui musrenbang Kabupatén Purwakarta. 




"Adapun hari Selasa ini musrenbang dilakukan di tiga kecamatan, adapun pelaksanaan di kecamatan Sukatani, Jatiluhur dan Sukasari. Dalam hal ini petugas monitoring dibagi bebeberapa wilayah," tutur Ahmid.

Menurutnya, sebelumnya telah diawali dengan Musrenbang tingkat Kecamatan Purwakarta yang dilaksanakan dari tanggal 10 Pebruari hingga akhir bukan ini.

"Dari hasil Musrenbangdes dihasilkan usulan dan prioritas kegiatan di masing-masing Desa/Kelurahan," pungkasnya.


(Anto Sukanto)

KIM Kecamatan Sukatani

Tags :

Created by: Admin

Kelompok Informasi Masyarakat Kabupaten Purwakarta - Ajaib (Akurat, Jaringan, Aktual, Informasi dan Berita)